facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BMKG Prediksi Hujan Lebat Dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Termasuk Bali

Eviera Paramita Sandi Rabu, 05 Januari 2022 | 11:47 WIB

BMKG Prediksi Hujan Lebat Dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Termasuk Bali
Petugas Balai Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau citra satelit cuaca mengenai polusi udara saat Nyepi di Kantor BMKG Wilayah III Denpasar, Bali, Kamis (23/3).

Beberapa daerah di Indonesia diperingatkan berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang hari ini, rabu (5/1/2022).

SuaraBali.id - Beberapa daerah di Indonesia diperingatkan berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang hari ini, rabu (5/1/2022) dimana salah satu wilayahnya adalah Bali. Informasi ini disampaikan BMKG dalam situsnya.

Potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Gorontalo, Papua, Papua Barat.

Dikemukakan BMKG, terpantau di Laut Natuna dan di Samudra Hindia barat daya Sumatera yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Kepulauan Riau, Kalimantan Barat bagian utara dan di Samudra Hindia barat daya Sumatera.

Daerah konvergensi juga terpantau dari Aceh hingga perairan barat Aceh, dari perairan barat Bengkulu hingga Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dari Selat Makassar hingga Sulawesi Selatan, dari NTB hingga NTT, Sulawesi Utara, dari Maluku Utara hingga Maluku, Papua Barat dan Papua.

Di samping itu, daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di Perairan utara Aceh, Laut Flores, dari Laut Banda hingga Laut Arafuru.

Prakiraan BMKG, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut. (ANTARA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait