facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Resep Cake Pisang Almond, Membuatnya Mudah dan Rasanya Lezat

Pebriansyah Ariefana Rabu, 05 Januari 2022 | 00:04 WIB

Resep Cake Pisang Almond, Membuatnya Mudah dan Rasanya Lezat
Bolu pisang kukus. [Instagram/laz_queen_nastar_lin]

Pisang tak sekadar memiliki rasa yang enak. Pisang termasuk buah yang penting untuk kesehatan tubuh.

SuaraBali.id - Tak salah ketika sebagian masyarakat Indonesia memanfaatkan lahan kosongnya untuk menanam pohon pisang. Buah yang dihasilkan bisa dihidangkan dalam berbagai variasi, termasuk cake pisang. Berikut ini resep cake pisang yang lezat.

Pisang tak sekadar memiliki rasa yang enak. Pisang termasuk buah yang penting untuk kesehatan tubuh. Manfaatnya sangat banyak, mulai dari menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan tekanan darah hingga mengandung antioksidan.

Manfaat itu didapat dari kandungan yang ada dari setiap buah pisang, mulai dari vitamin A, vitamin C dan zat besi. Mengutip Halodoc, pisang ukuran sedang mengandung 105 kalori, 1 gram  protein dan 422 miligram kalium.

Sebenarnya, pisang dimakan langsung ketika sudah matang, tanpa diolah pun sudah enak. Namun, tak ada salahnya ketika pisang disajikan dalam bentuk yang berbeda.

Baca Juga: Resep Es Pisang Ijo, Makanan Khas Makassar yang Enak dan Menyegarkan

Berikut ini resep cake pisang dan cara membuatnya, mengutip dari laman Resep Kue Renyah. Cake pisang terdiri dari banyak macam. Kali ini, cake pisang disajikan bersama irisan kacang almond.

Bahan:

- 25 gram Almond Slice

- 3/4 sendok teh baking powder

- 16 gram cokelat bubuk

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Panggang Lembut dan Empuk, Cocok untuk Sajian Keluarga

- 150 gram tepung terigu

- 1/2 sedok teh garam

- 150 gram gula halus

- 5 butir telur

- 175 gram pisang (resep ini menggunakan pisang ambon)

- 1/4 sendok teh coklat pasta

- minyak goreng secukupnya

- 75 gram lelehan coklat

Cara Membuat Cake Pisang Almond

Cara membuat cake pisang almond diawali dengan mencampurkan coklat yang telah dilelehkan bersama minyak goreng ke dalam satu wadah. Setelah diaduk merata, campurkan bersama pisang yang sudah dihaluskan. Penghalusan pisang bisa menggunakan blender.

Langkah selanjutnya, tambahkan coklat pasta dan kemudian aduk dengan rata. Jika sudah, sisihkan sejenak untuk mengolah bahan lain, seperti telur, gula dan garam. Tiga bahan ini dikocok dan kemudian ditambahkan cokelat bubuk, terigu dan baking powder.

Aduk semua bahan yang telah dicampur. Setelah itu, campurkan adonan yang tadi sudah dibuat. Aduk terus hingga semua bahan tercampur dengan merata. Proses ini penting agar rasa seluruh permukaan cake pisang almond merata.

Setelah proses selesai, tuangkan adonan ke dalam loyang. Lalu, taburkan almond slice di atasnya, sesuai keinginan. Bisa banyak, bisa juga sedikit, yang penting bentuknya tetap cantik.

Kukus adonan yang sudah ditaburi almond. Prosesnya berjalan sekitar 30 menit. Setelah matang, diamkan sejenak agar dingin. Cake Pisang Almond pun bisa dipotong untuk disajikan kepada rekan atau pun keluarga.

Demikian pembahasan mengenai resep cake pisang almond. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah referensi ketika ingin membuat camilan sendiri.

Kontributor : Lukman Hakim

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait