facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Eksotisme Taman Nasional Komodo, Bertemu Langsung dengan Satwa Liar

Nur Afitria Cika Handayani Rabu, 29 Desember 2021 | 11:12 WIB

Eksotisme Taman Nasional Komodo, Bertemu Langsung dengan Satwa Liar
Sabana seluas 10 hekar di Laju Pemali, Taman Nasional Komodo hangus terbakar pada awal Agustus 2021. Kebakaran diduga akibat kemarau panjang. [Antara]

Taman Nasional Komodo merupakan tempat hidup dan habitat asli dari komodo spesies binatang purba yang hampir punah

SuaraBali.id - Taman Nasional Komodo merupakan tempat hidup dan habitat asli dari komodo spesies binatang purba yang hampir punah. Terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Komodo (Varanus Komodoensis) merupakan binatang seperti kadal namun memiliki ukuran besar dengan panjang 2-3 meter dan beratnya bisa mencapai 165 kg atau 100 kg dalam keadaan perut kosong.

Sejumlah penghargaan diraih Taman Nasional Komodo diantaranya dinyatakan sebagai cagar manusia dan Biosfer tahun 1977.

Taman ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Komodo pada 6 maret 1980. Taman Nasional Komodo ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia pada 1991 oleh UNESCO.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia Terpopuler, Liburan Yuk

Kawasan Perlindungan Laut tahun 2000 dan Taman Nasional Model di Indonesia tahun 2006.

Penelitian pertama dilakukan oleh JKH Van Steyn pada 1911 yang bertujuan untuk konservasi dan melindungi keanekaragaman hayati baik laut dan darat.

Wilayah taman mencakup 3 pulau utama yakni Pulau Komodo, Rinca, dan Padar. Hingga saat ini luas total taman nasional komodo mencapai 2.321 km2.

Terletak di kawasan Wallacea yang terbentuk dari pertemuan 2 benua yang membentuk keunikan salah satunya hewan dari benua Australia dan Asia.

Keunikan yang bisa pengunjung temui di antaranya satwa liar yang menghuni, birunya air laut, dan keanekaragaman biota laut.

Baca Juga: Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Pembagian Kelompoknya

Selain Komodo pengunjung juga bisa melihat kuda, banteng, rusa, babi hutan, kera, dan berbagai jenis burung yang bebas berkeliaran di sini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait