facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Bandung untuk Akhir Tahun 2021

Pebriansyah Ariefana Kamis, 23 Desember 2021 | 11:05 WIB

Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Bandung untuk Akhir Tahun 2021
Barusen Hills Ciwidey (Instagram kolase Barusen Hills Ciwidey)

Anda bisa ajak keluarga namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

SuaraBali.id - Banyak tempat wisata di Bandung untuk akhir tahun 2021 ini untuk rayakan Tahun Baru 2022. Namun ada rekomendasi yang terbagus.

Anda bisa ajak keluarga namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Berikut daftar tempat wisata di Bandung:

1. Gunung Tangkuban Perahu

Baca Juga: Sudah Kantongi Ciri-ciri Penabrak Dua Sejoli di Nagreg, Polresta Bandung Minta Waktu

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu objek wisata di Kota Bandung yang sangat terkenal. Gunung tersebut merupakan bukti dari sebuah cerita rakyat Sangkuriang.

Disamping mitos yang beredar, gunung Tangkuban Perahu mempunyai pemandangan yang mempesona. Jadi tidak heran jika destinasi wisata tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Kota Bandung yang cukup populer.

Selain itu, di dalam kompleks gunung Tangkuban Perahu terdapat 2 buah kawah, yakni kawah ratu dan kawah domas. Untuk kawah ratu mempunyai ukuran yang lebih besar daripada kawah domas.

Kandungan belerang kawah tersebut cukup tinggi. Pengunjung pun dapat merebus telur atau pun jagung hanya dengan meletakkannya dalam kawah.

2. Farmhouse Lembang

Baca Juga: Tekan Mobilitas Warga, Kota Bandung Tetap Berlakukan Ganjil Genap di Akhir Tahun

Farmhouse Lembang berada di jalan raya Bandung – Lembang. Ini merupakan salah satu destinasi wisata keluarga di Bandung yang mengusung konsep peternakan.

Tema peternakan yang digunakan bukan seperti peternakan pada umumnya, melainkan dengan tema Contemporary World of European Farm.

Desain setiap bangunannya sangat khas akan budaya Eropa. Begitu pula dengan para staf yang memakai baju modern European Maid. Jika kamu berkunjung ke Farmhouse, suasananya akan terasa seperti di peternakan di Eropa.

3. Floating Market Lembang

Floating Market merupakan sebuah pasar tradisional yang unik.Para pedagang menjual dagangannya dengan kapal tradisional.
Sebagian besar Floating Market Indonesia berada di pulau Kalimantan dan Sulawesi yang mempunyai kondisi sungai luas dan lebar.

Para pedagang pun akan berkeliling danau untuk menjual dagangannya. Sebagian besar barang yang dijual berupa buah – buahan. Bagi pengunjung yang hendak membelinya juga harus menghampiri para pedagang tersebut dengan menggunakan perahu.

4. Taman Balai Kota Bandung

Balai Kota bukan hanya sekedar menjadi pusat pemerintahan, namun juga sebagai salah satu destinasi wisata favorit setiap orang. Di area Balai kota terdapat sebuah taman yang dibuka untuk umum. Taman Balai Kota Bandung juga menjadi taman yang paling mengesankan.

Pemrakarsa utama dari taman kota adalah Ridwan Kamil, mantan wali kota Bandung yang kini tengah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Dia menjadikan taman balai kota yang hanya berupa taman bunga, menjadi taman dengan spot yang sangat menarik dan kekinian. Dari semua spot yang ada, taman puzzle merupakan salah satu yang paling favorit.

5. Taman Hutan Raya Djuanda

Kompleks wisata alam ini merupakan destinasi wisata alam terlengkap di Indonesia. Ada berbagai macam spot alam yang terdapat di taman hutan raya Ir H Juanda. Dari berbagai macam spot alam yang ada, spot yang paling utama adalah koleksi tumbuhannya.

Di hutan raya ini dapat dijumpai ±2.500 species tumbuhan. Bahkan beberapa spesies tumbuhan yang ada tergolong ke dalam jenis tumbuhan langka.

Selain koleksi berbagai macam spesies tumbuhan, di dalam kompleks wisata ini juga tersedia hamparan kebun teh yang luas dan 3 buah air terjun. Air terjun tersebut antara lain ialah air terjun Dago, air terjun Omas dan air terjun alay.

Dalam hutan raya ini terdapat 2 buah bangunan pada masa kolonial. Bangunan tersebut hanya berupa goa Belanda dan goa Jepang. Spot sejarah lain yang dapat dijumpai di hutan raya adalah museum, monumen dan prasasti.

6. Taman Burung Gunung Masigit Kareumbi

Tempat wisata di Bandung Selatan yang satu ini merupakan satu – satunya destinasi wisata yang memiliki suasana alam sangat kental. Taman Buru Kareumbi Masigit sangat cocok bagi para pecinta alam.

Oleh sebab itu, tempat wisata alam ini dijadikan sebagai tempat utama untuk berbagai macam kegiatan alam terutama untuk pelajar, seperti pramuka.

Di area ini tersedia berbagai macam arena outbond yang sangat menyenangkan. Pengunjung juga dapat hiking maupun camping. Bagi pengunjung yang tidak berminat untuk tidur di dalam tenda dapat memanfaatkan fasilitas penginapan.

7. Kawah Putih Ciwidey

Kawah putih Ciwidey terbentuk dari sebuah fenomena alam. Di lokasi kawah tersebut pernah dijadikan sebagai tempat penambangan belerang pada masa kolonial Jepang.

Bekas dari penambangan tersebut juga masih tersisa, yaitu berupa goa Jepang. Konon goa tersebut menjadi tempat operasional penambangan belerang kala itu.

Hal yang menarik dari wisata Kawah Putih Ciwidey adalah warna airnya yang sangat putih seperti kapur. Hal itu disebabkan karena kawah tersebut merupakan daerah vulkanik yang mempunyai kandungan belerang cukup tinggi.

Itulah tempat wisata di Bandung sebagai rekomendasi liburan akhir tahun 2021.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait