facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Moeldoko Minta Atlet Esport Indonesia Bawa Pulang Medali Asian Games

Eviera Paramita Sandi Jum'at, 17 Desember 2021 | 17:12 WIB

Moeldoko Minta Atlet Esport Indonesia Bawa Pulang Medali Asian Games
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko saat mencoba game online, di Nusa Dua, Jumat (17/12/2021). [Foto : Istimewa]

Pada Asian Games ke-19 di Hangzhou, China mendatang ada 8 permainan yang dipertandingkan.

SuaraBali.id - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meminta atlet-atlet eSports Indonesia terus mengharumkan Indonesia di kancah internasional. Terdekat ia menargetkan eSports Indonesia menyapu bersih medali di Asian Games 2022 mendatang.

Pada Asian Games ke-19 di Hangzhou, China mendatang ada 8 permainan yang dipertandingkan. 

"Target kita adalah Asian Games. Di situ nanti ada trofi yang harus diboyong ke Indonesia," kata Moeldoko saat membuka babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021, di Nusa Dua, Bali, Jumat (17/12/2021).

Ia mengatakan selain prestasi, Indonesia juga harus bisa mengembangkan game buatan lokal. Game itu harus mendunia dan dimainkan pemain dunia.

"Sebagai pemenang dan mengembangkan game lokal Indonesia dan diakui dan dimainkan di dunia internasional. Harus bisa mendevelop," kata dia.

Ia mengatakan pengembangan eSports di Indonesia mulanya memang tidak gampang. Sebab dunia ini terbilang baru di Indonesia.

Namun seiring waktu terus berkembang dan banyak mendapat dukungan. Bahkan presiden Joko Widodo secara langsung meminta untuk terus dikembangkan dan didukung.

ESports, kata dia, memiliki peluang ekonomi yang luar biasa. Selain ekonomi, eSports memberikan peluang bagi anak muda berkreasi dan menempa jiwa kompetitif mereka.

"Saya komunikasi dengan bapak presiden, beliau bilang mainkan jalankan. Beliau melihat esports punya prospek ekonomi luar biasa," kata dia.

Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2021 Rangga Danu Prasetyo menyebut antusiasme gelaran ini terus meningkat dari awal penyelenggaraannya pada Oktober hingga Main Event. Event ini diyakini bisa mengembangkan ekosistem esports Indonesia lewat kompetisi sengit.

Komentar

Berita Terkait