alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Rekomendasi Wisata Kuliner Makanan Khas Lombok, Semua Enak dan Mudah Didapat

Pebriansyah Ariefana Kamis, 09 Desember 2021 | 12:48 WIB

10 Rekomendasi Wisata Kuliner Makanan Khas Lombok, Semua Enak dan Mudah Didapat
Sajian makanan khas Lombok, ayam taliwang di Hotel Santika Premiere ICE - BSD City. (Dok Hotel Santika Premiere ICE - BSD City_

Bagi yang belum tahu makanan khas yang ada di Lombok, ada baiknya simak ulasan berikut ini.

SuaraBali.id - Lombok mendapat anugerah sebagai tempat wisata halal terbaik. Selain itu tempat wisata halal bulan madu terbaik dalam ajang Internasional World Halal Travel Award. Lalu apa saja kuliner makanan khas Lombok yang bisa Anda cicipi?

Bagi yang belum tahu makanan khas yang ada di Lombok, ada baiknya simak ulasan berikut ini.

Melansir dari YouTube Nekad Traveler, dijelaskan ada 10 makanan khas Lombok yang bisa dijadikan referensi wisata kuliner saat berlibur di Lombok. Berikut daftarnya:

1. Ayam Taliwang

Baca Juga: Gerak Cepat, Alfamart Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru dan Banjir Lombok

Ayam Taliwang khas Lombok ala Hotel Mercure Cikini. (Suara.com/Risna Halidi)
Ayam Taliwang khas Lombok ala Hotel Mercure Cikini. (Suara.com/Risna Halidi)

Merupakan ayam bakar dengan jenis ayam kampung dengan umur sekitar 3 sampai 4 bulan. Tempat makan ayam taliwang yang terkenal adalah di Rumah Makan Taliwang Kania, buka mulai pukul 08.30 hingga 21.00 WITA.

Kemudian ada juga rumah makan yang terkenal, yakni ayam taliwang khas Pak Udin. Buka mulai pukul 17.00 hingga 00.00 WITA.

2. Plecing Kangkung

Resep Plecing Kangkung. (Instagram/@susi.agung)
Resep Plecing Kangkung. (Instagram/@susi.agung)

Yakni makanan yang terdiri dari kangkung rebus dan disajika dalam keadaan dingin serta segar. Dicampur dengan sambal tomat, yang dibuat dari cabai rawit, garam, terasi, dan tomat. Kadangkala juga diberi tetesa jeruk limau sebagai pendamping ayam taliwang.

Makanan ini biasanya disajikan dengan tambahan sayuran sepert taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap.

Baca Juga: Korban Banjir Lombok Keluhkan Gatal dan Alergi, Anak-anak Demam di Tenda Pengungsian

3. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung khas Lombok. [Foto : Suara.com/Lalu Muhammad Helmi Akbar
Nasi Balap Puyung khas Lombok. [Foto : Suara.com/Lalu Muhammad Helmi Akbar

Merupakan makanan yang terdiri dari seporsi nasi putih dengan suwiran daging ayam bumbu pedas, kedelai goreng, plus sambal khas yang disajikan di atas daun pisang. Sementara, kering kentang oseng buncis, dan telur sjuga kerap hadir sebagai pelengkap makanan ini.

Warung penjual nasi balap puyung yang terkenal adalah di Jalan Raya Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Dengan jam buka mulai jam 08.00 hingga 14.00 WITA.

4. Ares

Yakni makanan yang berbahas dasar pelepah atau kedebog pisang yang masih muda. Citarasa masakan yang diracik dengan santan tersebut sangat unik, gurih, dan manis. Makanan ini banyak ditemui di warung-warung biasa sebagai makanan sehari-hari.

5. Sate Bulayak

Merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi berlumur bumbu khas Lombok dan disajikan bersama dengan lontong. Tempat makan sate bulayak yang terkenal diantaranya, Sate Bulayak Suranadi, dan Sate Bulayak Kerandangan.

6. Babalung

Yakni makanan yang terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdidir dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kuyit, ditambah dengan jahe.

Salah satu tempat makanan yang terkenal produksi Babalung adalah depot Kelebet yang berada di Jalan HOS Cokroaminoto yang berada di belakang kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat.

7. Beberuk Terong

Merupakan makanan yang terbuat dari lalapan terong dan kacang panjang dengan sambel tomat yang pedas. Makanan ini termasuk makanan yang mudah ditemui, karena setiap depot yang menyediakan ayam taliwang pasti akan menjual beberuk.

8. Sate Tanjung

Yakni makanan yang terbuat dari bahan ikan cakalang atau langoan. Tempat makan sate tanjung yang terkenal adalah di depot sate ikan khas tanjung yang berada di Jalan Raya Ranjung, Sokong, Tanjung dengan jam buka mulai puluk 13.00 hingga 20.00 WITA.

Depot sate yang kedua adalah di depot sate ikan tanjung mama zira, beralamat di Lombok Barat. Jam operasional atau jam buka dari tempat ini adalah mulai puluk 11.00 hingga 20.00 WITA.

9. Sate Rembiga

Merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi yang empuk. Dan memiliki cita rasa manis dan gurih begitu masuk mulut, dan semakin pedas ketika dikunyah. Tempat makan sate rembiha yang terkenal adalah di warung sate rembiga utama Bu Ririn. Buka mulai jam 09.00 hingga 22.00 WITA.

Warung kedua adalah di warung sate rembiga Ibu Sinnaseh, yang memiliki jam operasional atau buka mulai 09.00 hingga 22.00 WITA.

10. Kelaq Batih

Yakni makanan yang terbuat dari biji buncis tua, kemudian dicampur dengan daun singkong muda serta diolah menggunakan bumbu rempah yang dikenal dengan sebutan ragi beleg.

Demikianlah ulasan mengenai makanan khas Lombok. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Agung Kurniawan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait