alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Desa Wisata di Lombok Tengah Ini Dapat Juara IV Toilet Umum Terbaik Se-Indonesia

Eviera Paramita Sandi Rabu, 08 Desember 2021 | 12:55 WIB

Desa Wisata di Lombok Tengah Ini Dapat Juara IV Toilet Umum Terbaik Se-Indonesia
Ilustrasi toilet. (Pixabay/ganzarolisara)

Setidaknya, desa wisata di Lombok tengah ini jadi satu dari 50 desa wisata terbaik dalam pengelolaan toilet umum.

SuaraBali.id - Sebuah desa wisata bernama Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB mendapat juara IV kategori toilet umum terbaik se-Indonesia. Juara ini didapatkan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Setidaknya, desa wisata di Lombok tengah ini jadi satu dari 50 desa wisata terbaik dalam pengelolaan toilet umum.

"Kami memberikan apresiasi kepada desa wisata yang fokus memberikan pelayanan terbaik dan toilet umum," kata Direktur Desa Wisata Institute Doto Yogontoro pada acara ADWI 2021 diikuti di Lombok Tengah, Selasa (7/12/2021).

Adapun yang memperoleh juara satu kategori toilet umum terbaik adalah Desa Wisata Serang, Kabupaten Blitar, Jawa Timur dan juara dua Desa Wisata Liya Togo, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Selanjutnya juara tiga yaitu Desa Wisata Saung Ciburiang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dan juara lima Desa Wisata Cisande Kampung Raden, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: Harta Benda Terendam Banjir Warga di Dusun Peresak Lombok Barat Kekurangan Makan

"Homestay dan toilet memiliki peran penting untuk kenyamanan wisatawan, sehingga diberikan Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021," katanya.

Dalam acara ADWI 2021 yang disiarkan langsung melalui Chanel Youtube Kementerian Ekonomi dan Kreatif ini juga turut hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa pemerintah telah menetapkan sektor pariwisata menjadi penggerak ekonomi dengan meningkatkan jumlah wisatawan Nusantara maupun luar negeri dan penyerapan tenaga kerja.

Sehingga pembangunan secara terpadu potensi desa itu terus dikembangkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Saya apresiasi kegiatan ini untuk mendorong pengembangan desa wisata dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat," kata Airlangga di Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Tumpukan Sampah Jadi Penyebab Banjir di Lombok Tengah Hingga Masuk Pemukiman

Pengembangan desa wisata juga diharapkan bisa bersinergi dengan 10 Destinasi wisata yang telah ditetapkan pemerintah pusat, sehingga desa wisata berjalan baik dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait