facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Denfest Tahun Ini Akan Digelar 10-23 Desember 2021, Ini Acaranya

Eviera Paramita Sandi Rabu, 08 Desember 2021 | 09:48 WIB

Denfest Tahun Ini Akan Digelar 10-23 Desember 2021, Ini Acaranya
Walikota Denpasar IGN Jaya Negara (tengah) bersama Wali Kota Denpasar, Kadek agus Arya Wibawa (kedua kanan), Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana (kanan) dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar M.A Dezire Mulyani (kedua kiri) saat memberikan keterangan pers mengenai Denpasar Festival ke-14 di Gedung Dharmanegara Alaya, Denpasar, Bali pada Selasa.(Foto Antara News Bali/Nyoman Hendra/2021)

Acara Denpasar Festival tidak terlepas dari konseptualisasi Denfest yang bertumpu pada aspek kreativitas berbasis inovasi dan teknologi digital.

SuaraBali.id - Denpasar Festival (Denfest) XIV akan digelar secara daring-luring pada 10-23 Desember 2021 dengan melibatkan 926  seniman, 215 musisi, 71 pelaku UMKM dan 20 komunitas film. Acara Denpasar Festival pada tahun ini adalah pilihan dari festival berskala nasional dari gelaran Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia 2021.

"Dapat dikatakan, strategi terbaru dari pelaksanaan Denpasar Festival adalah pelaksanaan secara desentralisasi, inovasi, kolaborasi dan adaptasi," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani dalam konferensi pers di Gedung Dharmanegara Alaya Denpasar, Bali, pada Selasa (7/12/2021).

Menurutnya, acara Denpasar Festival tidak terlepas dari konseptualisasi Denfest yang bertumpu pada aspek kreativitas berbasis inovasi dan teknologi digital, aspek kolaborasi berbasis potensi lokal dan pemberdayaan masyarakat, serta aspek penerapan protokol kesehatan 5M.

Secara spesifik tema tahun ini adalah Arsa Wijaya: Kemenangan Harapan. Tema ini menjadi petanda dan perayaan bahwa kreativitas adalah kekuatan pemersatu untuk mengatasi kesulitan, terutama krisis multidimensi akibat pandemi COVID-19.

"Kreativitas menjelma sebagai obat kebangkitan, dengan begitulah kemenangan harapan diraih dengan Spirit Arsa Wijaya merekat-rekat ke seluruh aktivitas kreatif sebagai injeksi bagi kebangkitan ekonom kreatif yang mengakar dari konsep Ekonomi Oranye," katanya.

Denpasar Festival ke-14 melibatkan berbagai elemen masyarakat, baik itu seniman tradisi maupun seniman modern yang disajikan secara hybrid, baik daring maupun luring.

“Ada banyak pihak yang dilibatkan mulai dari masyarakat dan unsur seni, pelaku UMKM, komunitas kreatif elemen masyarakat desa, para sineas, hingga pembicara yang tampil dalam sesi workshop Denfest 2021,” katanya.

Ia menambahkan juga melibatkan peserta dari negara lain yakni Konsulat Jenderal Vietnam, India, hingga Jepang.

Nantinya akan ada penampilan dari Seni tradisi khas Bali yang ditampilkan oleh setiap desa adat pada empat kecamatan di Denpasar dan juga ada garapan seni modern dan penyanyi hits Bali juga turut menyemarakkan acara Denpasar Festival ke-14.

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, untuk tahun ini pelaksanaan Denpasar Festival menggunakan prinsip desentralisasi.

Komentar

Berita Terkait