alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pantai Klayar, Miliki Pesona Keindahan Pantai Pasir Putih Nan Menawan

Pebriansyah Ariefana Senin, 06 Desember 2021 | 14:21 WIB

Pantai Klayar, Miliki Pesona Keindahan Pantai Pasir Putih Nan Menawan
Pantai Klayar

Letaknya yang masih termasuk dalam rangkaian pantai selatan, Pantai Klayar memiliki ombak besar, pantai pasir putih, dan pemandangan bentang pantai yang indah.

SuaraBali.id - Pantai Klayar merupakan salah satu tempat wisata populer dan hits yang berada di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur.

Letaknya yang masih termasuk dalam rangkaian pantai selatan, Pantai Klayar memiliki ombak besar, pantai pasir putih, dan pemandangan bentang pantai yang indah.

Ditambah lagi, bentang alam unik seperti batu karang mirip spinx, menambah nilai lebih dari pantai ini. psisi batu karang itu berada di belahan sebelah timur.

Selain itu, di Pantai Klayar ini juga terdapat semburan air laut unik yang terbentuk secara alami. Hal itu terjadi akibat adanya air ombak yang terdorong dalam rekahan karang dan cekungan.

Baca Juga: Sejarah Kabupaten Probolinggo, Kota Seribu Taman

Melansir dari YouTube Chanel AR TVLOG yang diakses pada 4 Desember 2021, dijelaskan mengenai destinasi wisata Pantai Klayar.

Pantai Klayar ini beralamat di Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya kurang lebih 35 kilometer dari pusat Kota Pacitan. Dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 1 jam, dengan jalan yang sudah baik.

Untuk menuju Pantai Klayar, pengunjung bisa menempuh rute jalan nasional dan Jl. Pringkuku. Dan kalau masih bingung, bisa menggunakan bantuan google maps.

Untuk memasuki Pantai Klayar, bagi orang dewasa akan dikenakan tarif sebesar Rp15.000 dan bagi anak-anak akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000.

Pantai Klayar ini bisa dinikmati selama 24 jam dan setiap hari, karena tempat ini selalu buka. Namun, perlu dijadikan catatan bahwa jika ombak sedang tinggi maka diharuskan untuk selalu berhati-hati.

Baca Juga: Sejarah Kabupaten Pasuruan, Tempat Tumbuh Tanaman Suruh

Berikut ini ulasan mengenai Pesona Pantai Klayar:

1. Batu karang Sphinx

Bebatuan ini berukuran sangat besar dan bentuknya mirip seperti sphinx. Batu karang ini dapat menghalau ombak yang menuju pantai. Serta karang ini terlihat kokoh dengan warna bebatuan yang khas dari pantai.

2. Suling paus Pantai Klayar

Meski bentuknya tidak seperti paus, akantetapi bebatuan yang ada di Pantai Klayar bisa menyemburkan air seperti suling paus. Bahkan saat menyemburkan air, mengeluarkan suara seperti paus bersiul.

3. Pemandanga pantai pasir putih dan birunya laut Pantai Klayar

Karena ada larangan untuk melakukan aktivitas berenang dan snorkeling, karena ombak yang begitu tinggi dan besar. Hal ini terntunya akan membahayakan. Namun, pengunjung bisa bermain pasir dan menyusuri pantai serta duduk santai sambil menikmati keindahan pemandangan.

4. Matahari terbit adan terbenam

Di saat pagi, pengunjung bisa menikmati matahari terbit dari ufuk timur sambil berfoto dengan Mentari yang mulai muncul. Sedang saat senja, pengunjung dapat menyaksikan eloknya matahari yang kembali ke peraduan, momen ini juga bisa dijadikan sebagai waktu yang pas untuk berfoto.

Bagi wisatawan yang ingin berlama-lama di Pantai Klayar ini, bisa bermala di sekitar area pantai. Untuk harga penginapan di Pantai Klayar ini relative terjangkau.
Harga penginapaan dengan tipe homestay dibanderol mulai dari Rp200.000 hinggah Rp500.000. sedangkan untuk penginapan bertipe resort bisa mencapai Rp800.000-Rp2.000.000 per malam.

Demikianlah ulasan mengenai pesona keindahan Pantai Klayar.

Kontributor : Agung Kurniawan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait