alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Destinasi Wisata Pekanbaru, dari Desa Okura hingga Kawah Biru

Pebriansyah Ariefana Kamis, 02 Desember 2021 | 14:15 WIB

10 Destinasi Wisata Pekanbaru, dari Desa Okura hingga Kawah Biru
Rainbow Hills Rumbai (Instagram @travelingindonesia)

Salah satu daerah di Pulau Sumatera yang memiliki potensi wisata luar biasa adalah Pekanbaru.

SuaraBali.id - Tak perlu keluar negeri untuk merayakan Tahun Baru 2022. Wisata Pekanbaru akan menjadi pilihan. Anda bisa mengunjungi Desa Okura hingga Kawah Biru, berikut ulasan lengkapnya.

Salah satu daerah di Pulau Sumatera yang memiliki potensi wisata luar biasa adalah Pekanbaru. Meski lebih dikenal sebagai daerah penghasil cadangan minyak dan perkebunan kelapa sawit, Ibu Kota Riau ini menyimpan deretan keindahan alam yang siap memanjakan wisatawan.

Tak hanya wisata alam, destinasi wisata sejarah, budaya, religi hingga literasi pun ada di Kota Madani, julukan Pekanbaru. Yuk simak lokasi-lokasinya!

1. Taman Wisata Alam Mayang

Baca Juga: Waspadai Varian Omicron, Edy Rahmayadi Tutup dan Awasi Jalur Masuk Ilegal Sumut

Wahana wisata alam ini menjadi salah satu favorit warga Pekanbaru untuk berlibur di akhir pekan. Dengan mengusung konsep rekreasi di alam terbuka, Taman Wisata Ala Mayang menyediakan banyak kegiatan outdoor yang menarik.

Naik banana boat, memancing hingga foto-foto bisa kalian lakukann di sini. Ikan tangkapan hasil memancing juga boleh kalian bawa lho.

Lokasi: Jl. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Tim., Tenayan Raya, Kota Pekanbaru

Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB (Setiap Hari)

Harga Tiket: Rp20.000/orang

Baca Juga: Modus Lowongan Kerja, Pria di Sumut Rampok dan Paksa Wanita Buka Baju

2. Rainbow Hills Rumbai

Rainbow Hills merupakan tempat wisata anyar yang sedang ngetren. Lekatnya sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru. Kata “Rainbow” diambil dari paduan warna unik bukitnya yang dari jauh tampak seperti pelangi.

Lokasi bukit ini tidak jauh dari Danau Khayangan. Setiap waktu, kontur dan warna tanah di bukit ini bisa berubah-ubah lho. Namun, hati-hati jika berkunjung saat musim hujan karena kondisi tanah yang kurang.

Lokasi: Jl. Kemping, Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau

Jam Operasional: 07.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000/orang

3. Sungai Kampar

Salah satu sungai besar di Provinsi Riau ini terkenal dengan ombak fenomenal yang dikenal dengan nama Bono. Peselancar terkenal Steve King bahkan pernah membuat rekor Guiness World Record di sini.

Bono bisa kalian temui di bagian Sungai yang dekat dengan muaranya. Wisatawan akan merasakan kecepatan ombak 40 kilometer per jam di tujuan wisata favorit Pekanbaru ini. Bono bisa membawamu naik hingga ke ketinggian 4 sampai 6 meter.

Lokasi: Sungai Kampar, Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau

Jam Operasional: 24 jam

Harga Tiket: Gratis

4. Masjid Agung An-Nur

Kalau belum berkesempatan pergi ke Taj Mahal, India, kamu bisa berkunjung ke Masjid Agung An Nur, Pekanbaru. Masjid ini diberi julukan sebagai Taj Mahalnya Riau karena keindahan masjidnya yang memukau.

Dari tampak depan, masjid ini memang menyerupai Taj Mahal dengan area kolam di halamannya. Pada malam hari, lampu warna-warni yang dipantulkan dari kolam menambah keindahan suasana Masjid Agung An-Nur.

Masjid yang berdiri sejak tahun 1968 tidak boleh kalian lewatkan jika sedang berkunjung ke Pekanbaru.

Jam Operasional: 24 jam

Harga Tiket: Gratis

5. Perpustakaan Soeman H.S

Liburan ke perpustakaan? Sebagian orang mungkin tidak bisa membayangkan bakal punya liburan asyik di tempat penuh buku ini. Namun anggapan itu bakal langsung berubah jika kalian mampir di Perpustakaan Soeman HS.

Layaknya pusat perbelanjaan modern, Perpustakaan Soeman H.S dapat dikatakan sebagai perpustakaan termegah di Pekanbaru.

Kesan modern dan futuristik langsung terlihat dari desain bangunannya yang megah dan unik. Tidak hanya bisa membaca berbagai macam arsip sejarah dan aneka koleksi buku. Dari lantai atas kamu juga bisa memandang Kota Pekanbaru dari ketinggian.

Beragam fasilitas seperti jaringan WiFi, buku-buku edisi baru, komputer, ruangan ber-AC, juga akan semakin memanjakan pengunjung.

Jam Operasional: 9.00-17.00 WIB (Senin-Sabtu), Minggu tutup

Harga Tiket: Gratis

6. Desa Wisata Okura

Desa Okura resmi menjadi kawasan agrowisata di Provinsi Riau sejak tahun 2010. Rumah-rumah panggung sepanjang Sungai Siak yang melalui desa masih dihuni suku asli Melayu-Riau. Kalian bisa menuju desa ini melalui jalan darat atau melalui jalur sungai dari Pelabuhan Sungai Duku.

Di sini kalian bisa menikmati suasana pedesaan yang asri dan jauh dari hiruk pikuk Kota Pekanbaru. Selain itu, kalian bisa melakukan aneka aktivitas seperti menyusuri sungai, melihat kehidupan suku asli Desa Okura, bersepeda di antara rimbunan pohon sagu hingga berkuda.

Lokasi:Jl. Raja Panjang Okura, Kecamatan Tebing Tinggi Okura, Kabupaten Rumbai Pesisir

Jam Operasional: 24 jam

Harga Tiket: Gratis

7. Pasar Bawah

Bingung mencari oleh-oleh khas Pekanbaru? Datang saja ke Pasar Bawah. Pasar Bawah adalah pasar tertua di Pekanbaru sekaligus menjadi ikon daerah itu. Para wisatawan bisa beragam pernak-pernik dan camilan khas Pekanbaru di sini.

Tak hanya itu, kalian bisa menemukan barang-barang dari luar negeri seperti karpet dari Timur Tengah, keramik dari Cina, dan barang elektronik dari Singapura atau Malaysia yang masih memiliki kualitas bagus.

Lokasi: Jl. M Yatim No. 1-C, Sidomulyo, Kecamatan Kampung Dalam, Senapelan

Jam Operasional: 08.30-17.00 WIB (Setiap Hari)

Harga Tiket: Gratis

8. Kawah Biru

Kawah Biru ini terbentuk dari letusan Gunung Merapi yang membentuk sebuah lubang. Kemudian lubang tersebut ditambah dengan adanya bekas galian pasir dan jadilah sebuah kawah yang indah. Sekarang menjadi tempat wisata andalan di Pekanbaru.

Setiap harinya ada puluhan dan ratusan wisatawan berkunjung ke Kawah Biru ini. Dengan pasir putih dan airnya yang kebiruan menjadi background foto yang wah.

Lokasi wisata Kawah Biru ini sangat aman dan bersih terawat dengan beberapa fasilitas yang disediakan.

Lokasi: Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar

Jam Operasional: 24 jam

Harga Tiket: Gratis

9. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Ada sebuah oase di tengah teriknya Kota Pekanbaru bernama Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim. Taman ini bisa dijangkau sekitar 40 menit dari pusat kota. Memiliki spesialisasi untuk melindungi flora yang beragam, taman ini juga bertujuan melestarikan fauna.

Kalian bisa melihat pelatihan Gajah Sumatra di sini. Selain itu pengunjung bebas mengelilingi hutan dengan berjalan kaki, bersepeda hingga motocross.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Minas Jaya, Minas, Siak, Pekanbaru

Jam Operasional: 24 jam

Harga Tiket: Gratis

10. Arboretum Universitas Riau

Asing dengan kata ‘arboretum’? Arboretum adalah hutan sekunder. Tak hanya digunakan sebagai tempat untuk penelitian dan pendidikan, tempat ini sekarang lebih sering disambangi anak muda untuk berfoto dan melepas penat. Arboretum Universitas Riau menjadi satu dari sedikit hutan sekunder yang masih tersisa di Riau.

Lokasi: : Jl. HR. Subantas Km. 12,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru, Riau.

Jam Operasional: 24 jam

Harga Tiket: Gratis

Demikian rekomendasi wisata Pekanbaru. Mari liburan dengan patuh protokol kesehatan yah.

Kontributor : Alan Aliarcham

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait