facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Purwakarta Dengan Spot Foto Luar Biasa

Pebriansyah Ariefana Kamis, 02 Desember 2021 | 11:14 WIB

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Purwakarta Dengan Spot Foto Luar Biasa
Gunung Lembu di Purwakarta. (Instagram/@alvinnazar19)

Karena begitu banyaknya tempat wisata Purwakarta, maka sangat disaranan untuk mengunjunginya.

SuaraBali.id - Rekomendasi wisata Purwakarta. Ingin berlibur ke Purwakarta? Itu adalah pilihan yang tepat. Di sini terdapat banyak objek wisata yang dapat dikunjungi saat liburan.

Karena begitu banyaknya tempat wisata Purwakarta, maka sangat disaranan untuk mengunjunginya. Tempat yang dikenal dengan sebutan Kota Pensiun ini sangatlah nyaman untuk dikunjungi, pasalnya memiliki suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota besar.

Oleh karena itu, Purwakarta menjadi destinasi yang tepat untuk dijadikan sebagai alternative tujuan liburan, baik bersama teman, pasangan ataupun keluarga.

Nah, apabila kamu merasa penasaran atau tertarik untuk berkunjung ke sejumlah obyek wisata Purwakarta yang sangat nyaman ini.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan COVID-19 di Akhir Tahun, Warga Purwakarta Diimbau Tak ke Luar Kota

Berikut beberapa tempat wisata Purwakarta yang bisa dicoba untuk mengisi waktu liburan kamu.

1. Tebing Boyer

Tebing Boyer adalah sebuah tempat bekas penggilingan batu andesit untuk pembangunan waduk Jatiluhur pada tahun 1957. Kini lokasi tersebut dijadikan sebagai spot swafoto oleh para wisatawan.

Selain itu, pemandangan Waduk dari atasnya juga sangat bagus, apalagi suasananya yang sejuk dan dipenuhi pepohonan.

Fasilitas ditempat ini diantarnya, area parkir, mushola, toilet, spot foto,dan lain sebagainya. Sedangkan harga tiket masuknya sangat terjangkau hanya Rp.5000 per-orang.

Baca Juga: Long March Buruh di Tol Cipularang Lewati KM 97

2. Waduk Jatiluhur

Situasi Waduk Jatiluhur. (suara.com/Dian Rosmala)
Situasi Waduk Jatiluhur. (suara.com/Dian Rosmala)

Waduk ini dibangun pada 1957, dan merupakan danau buatan pertama di Indonesia. Dulunya, waduk Jatiluhur merupakan area irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan dan bahan baku air minum.

Dan kini tempat tersebut telah berubah menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Untuk menuju ketempat ini, pengunjung harus menempuh jarak 9 kilometer dari pusat kota. Meski begitu, tempat ini menawarkan banyak hal yang sangat seru untuk dicoba. Waduk yang dikelilingi oleh perbukitan hijau ini sangatlah menyegarkan mata, sehingga tempat ini sangat sering digunakan oleh para pengunjung sebagai spot foto.

Ditambah lagi dengan tiket masuk yang cukup murah, yakni Rp. 20.000 saja untuk per-orang.

3. Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta

Untuk datang kesini, pengunjung juga bisa naik kereta dan turun di Stasiun Purwakarta. Staisun ini memiliki spot foto menarik yakni bangkai kereta api yang sudah lama tak terpakau serta ditumpuk-tumpuk. Bangkai kereta inilah yang menjadi incaran para pengunjung yang datang untuk dijadikan sebagai spot foto.

Tumpukan bangkai kereta api ini memiliki tinggi sekitar 7 meter dan akan sangat menyenangkan saat berkunjung ketempat ini. Meski demikian, tidak semua orang diperbolehkan masuk ke tempat ini untuk berfoto.

Pasalnya untuk masuk kesini harus meminta ijin terlebih dahulu kepada pihak terkait untuk bisa mengambil foto dengan latar tumpukan bangkai kereta api tersebut.

4. Gunung Lembu

Gunung Lembu di Purwakarta. (Instagram/@rahman28698)
Gunung Lembu di Purwakarta. (Instagram/@rahman28698)

Gunung Lembu adalah destinasi wisata Purwakarta yang bisa menjadi referensi selanjutnya. Untuk mencapai puncak, dibutuhkan tenaga ekstra karena akan menghadapi pendakian yang memiliki tanjakan cukup tajam.

Oleh karena itu, wisata ini hanya cocok bagi orang dewasa saja yang memiliki kondisi kesehatan cukup baik. Ketika sampai di puncak, anda akan disambut dengan pemandangan alam yang begitu indah. Bahkan bisa menyaksikan pemandangan kota Purwakarta beserta waduk Jatiluhur dari ketinggian.

5. Tanjakan Cinta

Tempat wisata Purwakarta berikutnya adalah Tanjakan Cinta. Di tempat ini, terdapat banyak spot foto yang kekinian, dan terasa cocok untuk menghasilkan kontenn terbaik guna diunggah ke media sosial. Pepohonan yang rindang dan menjulang tinggi, disertai dengan udara sejuk, membuat siapa saja akan merasa enggan untuk beranjak pergi.

Berkemah di tempat ini merupakan aktivitas yang dapat dilakukan. Dengan lokasi yang mudah dijangkau dan dilengkapi fasilitas warung yang menjual makanan dan minuman, pastinya tak perlu berfikir ulang menjadikan tempat ini sebagai tujuan liburan. Sunset dan sunrise menjadi pemandangan menakjubkan yang dapat dilihat dengan jelas di Tanjakan Cinta.

6. Curug Cijalu

Curug Cijalu berada di kawasan cagar alam Gunung Burangrang di ketinggian 1.300 mdpl, sedangkan air terjunnya memiliki ketinggian 70 meter. Untuk menuju lokasi ini, harus melakukan trekking terlebih dahulu, sejauh 300 meter dari area parkir.

Selama perjalanan, pengunjung akan melihat banyak pepohonan, perkebunan teh dan perbukitan.

Curug Cijalu memiliki pemandangan alam yang asri dan sangat sejuk. Fasilitas wisata disini diantaranya, area parkir, toilet, mushola, jalur trekking, tempat duduk istirahat, warung makan dan masih banyak lagi.

7. Taman Air Mancur Sri Baduga

Yang terakhir adalah taman air mancur sri baduga. Tempat ini merupakan tempat air mancur terindah di Purwakarta. Tempat ini sangat cocok apabila dikunjungi sata malam hari. Pasalnya ketika malam hari, terdapat pertunjukan air mancur yang sangat menarik untuk disaksikan secara langsung.

Untuk menikmati keindahan pemandangan dari pertunjukan air manur ini, pengunjung tak perlu membayar sepeserpun alias gratis. Sehingga sangat cocok sekali sebagai hiburan saat berwisata. Selain itu, tempat ini juga sangat bagus untuk berswafoto.

Itulah tadi beberapa tempat wisata Purwakarta yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga tercinta.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait