alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bazar WSBK di Mandalika Capai Lebih dari Rp 100 Juta, Mutiara Laris Manis

Eviera Paramita Sandi Senin, 22 November 2021 | 19:04 WIB

Bazar WSBK di Mandalika Capai Lebih dari Rp 100 Juta, Mutiara Laris Manis
Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. [Dok.ANTARA/HO via ITDC/pri]

Bazar ini baru dilakukan pertama kalinya ditambah cuaca yang saat itu kurang bersahabat hingga mempengaruhi omzet UMKM

SuaraBali.id - Bazar World Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit mencapai di atas Rp100 juta. Hal ini diungkapkan oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Usaha Kecil Menengah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Nilai transaksi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada bazar ini telah membantu perekonomian warga setempat terutama mereka yang berada di Mandalika. Dimana barang yang paling banyak diminati adalah mutiara.

"Alhamdulillah, berbagai hasil produksi 22 UMKM kita yang ikut di bazar UMKM saat pelaksanaan balap motor dunia 19-20 November 2021, terjual hingga 75 persen dengan nilai transaksi di atas Rp100 juta," kata Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Usaha Kecil Menengah Kota Mataram Dedi Supriadi di Mataram, Senin (22/11/2021).

Bazar ini baru dilakukan pertama kalinya ditambah cuaca yang saat itu kurang bersahabat hingga mempengaruhi omzet UMKM. Namun pencapaian ini dinilai cukup bagus.

"Kalau tidak hujan, nilai transkasinya mungkin bisa lebih tinggi. Tapi kita tetap bersyukur dan ini tentu menjadi catatan kita ke depan," katanya.

Ternyata dari sejumlah barang UMKM yang diantaranya menjual souvenir dan makanan, hasil kerajinan mutiara paling diminati oleh pengunjung.

Sementara untuk pangan olahan khas Kota Mataram, rumput laut serta cemilan ringan jadi primadona. Ke depan kegiatan-kegiatan baik skala nasional dan internasional diharapkan bisa membatu UMKM Mataram.

Ha ini juga merupakan upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Kendati demikian ia berharap ke depan, lokasi stan bazar bisa lebih dekat dengan area sirkut.

"Kalau dari konsep penataan lokasi bazar sudah pas, sebab berada di depan lokasi pembelian tiket sehingga setiap penonton bisa melewati bazar. Hanya saja jaraknya dari sirkut kita harapkan tidak terlalu jauh seperti sekarang ini," katanya. (ANTARA)

Komentar

Berita Terkait