facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Garut untuk Liburan Akhir Tahun

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 19 November 2021 | 11:47 WIB

Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Garut untuk Liburan Akhir Tahun
Leuwi Tonjong (@byueatworld dan @penikmat.garut)

Kabupaten Garut memiliki kekayaan alam yang lengkap, mulai daerah pegunungan hingga pantai. Deretan tempat wisata di Garut menjadi pemikat ketika ingin berlibur di Jawa Barat.

SuaraBali.id - Wisata yang ada di Bandung memang lengkap, baik itu di Kota Bandung, Kabupaten Bandung maupun Kabupaten Bandung Barat. Namun, tak ada salahnya untuk menikmati wisata Garut yang masih asri. Kabupaten Garut memiliki kekayaan alam yang lengkap, mulai daerah pegunungan hingga pantai. Deretan tempat wisata di Garut menjadi pemikat ketika ingin berlibur di Jawa Barat.

Pilihan wisata yang ada di Garut sangat lengkap. Mulai dari kawah, air terjun, pantai hingga daerah pegunungan yang sangat indah. Pengunjungnya sudah pasti tak sepadat wisata di Bandung.

Berikut ini 7 wisata yang ada di Garut. Setiap tempat memiliki pesona keindahan tersendiri yang dapat menjadi tujuan melepas penat.

1. Leuwi Tonjong

Baca Juga: Bandung Siap Terapkan PPKM Level 3 saat Libur Natal dan Tahun Baru, Objek Wisata Tutup?

Leuwi Tonjong merupakan salah satu keindahan tersembunyi yang belum lama populer di Garut.
Tempat wisata di Garut ini merupakan sungai dengan sumber air jernih, yang membentuk cekungan mirip kolam untuk bermain air. Yang keren, lokasi ini diapit dua bukit setinggi 90-210 meter.

Leuwi Tonjong berada di Jayamukti, Cihurip, Kabupaten Garut. Untuk mencapai lokasi ini memang butuh perjuangan karena akses yang masih alami. Pengunjung akan melewati jalan sempit, bebatuan dan menanjak.

Musim kemarau menjadi salah satu saat tempat untuk mengunjungi lokasi ini, agar akses jalan tidak licin.

2. Talaga Bodas

Talaga Bodas merupakan tempat wisata di Garut yang menawarkan keindahan telaga, serta pemandangan pegunungan hijau yang indah.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hotel Murah Dekat Stasiun Kota Bandung, Mulai dari Rp50 Ribu

Selain cocok untuk memanjakan mata, kawasan ini juga keren sebagai salah satu spot foto yang instagramable.

Talaga Bodas hampir mirip dengan Kawah Putih yang ada di Bandung. Bedanya, fasilitas yang tersedia di Kawah Putih, lebih lengkap, ketimbang Kawah Bodas. Kawah Bodas berlokasi di Jalan Talaga Bodas, Wanajaya, Wanaraja, Kabupaten Garut.

3. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang kerap dikunjungi wisatawan. Kawah ini berada di ketinggian 1730 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Selain kawah yang keren, alam di sekitarnya juga nikmat untuk dipandangi.

Dari 10 hektar lahan di kawasan ini, terdapat 23 kawah. Dua di antaranya berbentuk seperti danau uap. Kawan Kamojang berbentuk seperti goa di mana uap panas bumi keluar melalui lorong goa tersebut.

Kawah Kamojang berlokasi di dalam area Geothermal PLTU Kamojang Garut, berbatasan langsung dengan kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung.

4. Kolam Air Panas Cikarees

Kolam Air Panas Cikarees menjadi salah satu tempat wisata di Garut yang layak dikunjungi. Tersedia kolam renang untuk dewasa dan anak, serta satu kolam ikan besar untuk wisata becak air. Sambil bermain air, pengunjung bisa melihat hijau yang indah.

Kolam Air Panas Cikarees berlokasi di Sukasono, Sukawening, Kabupaten Garut. Tiket masuknya mulai Rp10-15 ribu saat weekday dan Rp15-20 ribu saat weekend. Kolam ini buka pada pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

5. Pantai Cijeruk

Selain pegunungan, tempat wisata di Garut juga memiliki pantai, salah satunya Pantai Cijeruk. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah.

Pantai ini unik karena airnya berwarna biru pada pesisir laut dan hijau kecoklatan ketika dekat dengan muara.

Pantai Cijeruk berlokasi di Sancang, Cibalong, Kabupaten Garut. Oleh warga sekitar, kunjungan ke Pantai Cijeruk dibatasi sampai pukul 17.00 WIB.

Pantai ini keren untuk spot foto sekaligus menikmati pemandangan ombak dan segarnya udara karena lokasi jauh dari perkotaan.

Tak ada salahnya untuk mampir untuk memandangi keindahan, atau berpose di salah satu tempat wisata di Garut ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait