facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Daftar Makanan untuk Ibu Hamil Muda, Wajib Diingat Semua Calon Ibu Baru

Pebriansyah Ariefana Rabu, 17 November 2021 | 16:12 WIB

Daftar Makanan untuk Ibu Hamil Muda, Wajib Diingat Semua Calon Ibu Baru
Ilustrasi ibu hamil (Freepik)

Sebab di awal masa kehamilan, bunda harus menjaga stamina untuk aktivitas sehari-hari.

SuaraBali.id - Calon ibu baru harus tahu makanan untuk ibu hamil muda yang baik untuk dikonsumsi dan aman untuk perkembangan di awal masa kehamilan. Sebab di awal masa kehamilan, bunda harus menjaga stamina untuk aktivitas sehari-hari.

Asupan makanan pada trimester pertama merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan badan serta pertumbuhan janin bayi. Dengan begitu, ketika hasil tes sudah dinyatakan mengandung janin, baik calon bapak maupun ibu sudah tak kebingungan lagi. Trimester pertama merupakan saat-saat penting.

Asupan makanan merupakan hal penting yang perlu diketahui pasangan yang hendak membuat program kehamilan. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat, janin bisa tumbuh lebih sehat dan sempurna.

Berikut ini 5 makanan untuk ibu hamil muda yang tepat untuk dikonsumsi pada tiga bulan pertama kehamilan:

Baca Juga: Daftar 4 Makanan Penambah Hb untuk Perlancar Aliran Oksigen ke Seluruh Tubuh

1. Makanan Sumber Asam Folat

Ada banyak makanan yang menjadi sumber dari asam folat. Asam folat atau vitamin B kompleks yang larut dalam air penting dalam proses pembentukan DNA dan sel darah merah. Asam folat turut mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat tabung saraf.

Makanan yang menjadi sumber asam folat, yakni kacang merah, bayam, brokoli, telur, kacang tanah dan alpukat.

2. Makanan Kaya Serat

Ilustrasi sayuran brokoli. [Shutterstock]
Ilustrasi sayuran brokoli. [Shutterstock]

Makanan kaya serat menjadi bagian penting dari makanan untuk ibu hamil muda. Serat bisa menjadi kontrol untuk kenaikan berat badan, mencegah pleeklamsia serta masalah buang air besar.

Baca Juga: Petani Jawa Barat Diminta Tak Tanam Sayuran di Daerah Rawan Bencana

Serat ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah segar, kacang-kacangan, biji-bijian hingga sayuran yang sudah dimasak.

3. Makanan Sumber Zat Besi

Zat besi penting dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama yang mudah kelelahan. Dengan kebutuhan zat besi yang cukup, ibu hamil bisa mencegah dari terkena anemia.

Makanan sumber zat besi bisa ditemukan dengan mudah, sama seperti makanan sumber serat atau asam folat. Mulai dari biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, bayam, daging sapi, daging ayam dan telur yang dimasak dengan matang.

4. Makanan Sumber Protein

Ilustrasi Telur (unsplash/Louis Hansel).
Ilustrasi Telur (unsplash/Louis Hansel).

Makanan yang kaya akan protein cukup penting pada trimester pertama. Selain menjaga kesehatan ibu hamil, protein penting untuk pembentukan jaringan tubuh pada janin bayi pada masa kehamilan.

Makanan sumber protein dapat didapatkan dengan gampang. Makanan itu terdiri dari daging tanpa lemak, ikan, telur dan unggas yang diolah dengan tingkat kematangan penuh.

5. Makanan Sumber Kalsium

Ilustrasi susu. [Freepik]
Ilustrasi susu. [Freepik]

Mengapa ibu hamil disarankan rutin meminum susu? jawabannya adalah untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Susu yang mengandung kalsium sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh serta pertumbuhan tulang janin.

Namun, sumber kalsium bukan dari susu saja. Ada banyak makanan yang mengandung kalsium, seperti yoghurt, sayuran berdaun hijau, biji-bijian, ikan, tahu dan tempe.

Demikian ini pembahasan mengenai makanan untuk ibu hamil muda.

Kontributor : Rio Rizalino

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait