facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bikin Ngiler, 10 Makanan Khas Malang Wajib Kamu Coba, Dijamin Ketagihan

Pebriansyah Ariefana Senin, 15 November 2021 | 17:19 WIB

Bikin Ngiler, 10 Makanan Khas Malang Wajib Kamu Coba, Dijamin Ketagihan
Orem-orem Arema khas Malang. (Instagram/@streetfoodstories)

Kota Malang merupakan kota tujuan pendatang untuk merantau ataupun berwisata.

SuaraBali.id - Makanan Khas Malang wajib kamu coba saat berpetualang ke Kota Apel. Kota Malang merupakan kota tujuan pendatang untuk merantau ataupun berwisata.

Bagi yang datang ke Kota Malang, pastinya akan terhipnotis dengan udara yang dingin, rujuan wisata yang beragam, hingga makanan khas Malang dengan harga murah.

Kota ini menyuguhkan banyak kuliner khas yang wajib dicoba. Tak heran jika Malang menjadi paket komplit untuk liburan. Oleh karena itu, apabila sedang berada di Kota Malang akan terasa hambar jika belum mencoba makanan khas Malang.

Mulai dari kuliner legendariss hingga kekinian juga ada di Kota ini. Pastinya kuliner yang ada disini memiliki rasa yang khas dan tentunya menggoyang lidah bagi para penikmatnya.

Baca Juga: Kisah Pemulung Dapat Rejeki Nomplok, Nemu Cincin Berlian Dijual Seharga Rp 80 Juta

Penasaran apa saja makanan khas Malang? Yuk simak artikel berikut ini.

1. Rawon Dengkul

Rawon Dengkul (YouTube Kelvin Hartanto)
Rawon Dengkul (YouTube Kelvin Hartanto)

Makanan berkuah hitam ini adalah makanan khas Malang yang tidak boleh dilewatkan. Selain Gurih dan Manis, penggunaan daging dengkul yang empuk semakin memperkaya rasa. Agara lebih nikmat, bisa menambahkan kecambah dan sambal untuk menambah sensasi segar dan krenyes. Penyajiannya sendiri, bisa langsung dicampur dengan nasi atau dipisah.

2. Orem-Orem

Orem-orem [Foto: Instagram/ @malangcoret.id]
Orem-orem [Foto: Instagram/ @malangcoret.id]

Makanan khas Malang satu ini merupakan makanan yang dibuat dengan bahan-bahan sederhana, seperti tempe, daging ayam, telor asin dengan kuah santan yang kental. Rasanya juga menggugah selera karena memiliki cita rasa yang pedas.

Baca Juga: Beredar Video Plafon Jatim Park 3 Jebol saat Ramai Wisatawan, Efek Musim Hujan?

3. Bakso Malang

Bakso Malang [Madeleine Quirk]
Bakso Malang [Madeleine Quirk]

Bakso tentunya bukan makanan asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun di Kota Malang, Bakso menjadi Ikon Kuliner Yang telah menggurita penjualnya hingga ke berbagai kota di Indonesia.

Bakso Malang Bagaikan primadona di bumi pertiwi. Mulai dari pedagang kaki lima, kios, kedai, warung, depot bahkan restoran di kota-kota besar di Indonesia ada yang menjadikan Bakso malang sebagai menu utamanya.

Dalam isian bakso Malang ada tahu putih, pangsit, tauge, mie, bihun dan siomay. Penggunaan bumbu yang khas dan tepat membuat cita rasa pada kuah bakso Malang mampu membangkitkan selera makan. Dan perlu diketahui, Bakso Malang merupakan makanan khas Malang yang sangat legendaris.

4. Bakso Bakar

Bakso Bakar BBQ (Instagram Sukmawati Rs)
Bakso Bakar BBQ (Instagram Sukmawati Rs)

Makanan khas Malang selanjutnya adalah Bakso Bakar. Malang sangat lekat dengan bakso bakarnya. Salah satu bakso bakar yang paling hits di Malang adalah Bakso Bakar Pak Man.

Di tempat ini tersedia beragam rasa pedas bakso bakar, mulai dari super pedas, sedang, hingga biasa. Aalasan kenapa bakso bakar lebih digemari, karena aroma asap bakso ketika dibakar sangat sedap dan menggugah selera. Makanan Khas Malang ini termasuk kuliner kekinian karena menjadi favorit bagi mahasiswa atau anak muda.

5. Rawon Nguling

Bagi pecinta rawon, Makanan Khas Malang satu ini wajib untuk dicoba. Olahan rawon Nguling sepintas hamper sama seperti rawon di daerah lainnya, yang membedakan ialah, isian daging yang lebih empuk serta potongannya lebih besar. Pastinya sangat mengenyangkan dan menggoyang lidah para penikmatnya.

6. Mendol

Resep Mendol. (Instagram@hanhanny)
Resep Mendol. (Instagram@hanhanny)

Makanan ini terlihat seperti tempe namun memiliki bentuk yang unik, yakni bulat memanjang. Perlu diketahui, Mendol ini berbeda dengan tempe. Makanan khas Malang ini memiliki rasa gurih dan renyah.

Bumbu yang digunakan untuk membuat mendol sangat khas dan dimasak dengan tingkat kematangan yang pas. Makanan ini bisa dijumpai di warung-warung makan yang ada di Kota Malang.

7. Cwie Mie

Cwie Mie Malang di Kampoeng Tempoe Doeloe. [suara.com/ Risna Halidi]
Cwie Mie Malang di Kampoeng Tempoe Doeloe. [suara.com/ Risna Halidi]

Untuk penggemar mie, makanan ini bisa dicoba. Makanan khas Malang ini serupa dengan bakmi ayam, hanya saja topping cwie mie berupa ayam yang dicincang halus sehingga menyerupai abon.

8. Sego Goreng Mawut

Sego Goreng Mawut jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “Nasi Goreng Acak-Acakan”. Makanan khas Malang ini bisa diberi nama sego goreng mawut karena nasi atau sego di masak atau di goreng dengan beragam campuran, seperti Mie, sayuran segar, capjay, bihun, acar dan lainnya. Karena dicampur menjadi satu paduan cita rasanya tidak perlu ditanya lagi, yang dijamin membuat ketagihan bagi para penikmatnya.

9. Rujak Cingur

Rujak cingur yang sempat viral karena mahal (TikTok @kobuncit)
Rujak cingur yang sempat viral karena mahal (TikTok @kobuncit)

Rujak Cingur merupakan makanan khas Jawa Timur yang sudah menyebar dan menjadi ikon Provinsi Jawa Timur. Makanan ini juga bisa ditemukan di Kota Malang saat berlibur. Rujak Cingur sendiri memiliki bahan utama dari cingur sapi atau mulut sapi yang diolah dan diberikan bumbu rempah, sehingga memberikan rasa yang sangat nikmat.

Dalam Penyajiannya, Rujak cingur biasa disajikan dengan sayuran, irisan tahu, irisan tempe, toge, kacang panjang dan kerupuk. Juga tak lupa disiram menggunakan saus petis yang kental dan sangat khas.

10. Tahu Lontong Lonceng

Makanan khas Malang yang satu ini bisa dibilang sebagai makanan khas yang sangat legendaris. Di mana makanan ini sudah ada sejak tahun 1935, di mana Indonesia belum merdeka.

Makanan yang berisikan tahu, lontong, sayuran, toge, dan telur ini kemudian disiram dengan bumbu kacang dan dilumuri kecap manis, sehingga memiliki rasa yang enak jika ditambah sambal untuk member rasa pedas. Dalam penyajiannya, Tahun Lontong Lonceng biasanya ditambah irisan Timun, Tomat dan Kerupuk.

Nah, Itulah tadi 10 makanan khas Malang penggugah selerah yang wajib dicoba.

Kontributor : Raditya Hermansyah

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait