alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pekanbaru untuk Liburan Akhir Tahun 2021

Pebriansyah Ariefana Senin, 15 November 2021 | 16:57 WIB

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pekanbaru untuk Liburan Akhir Tahun 2021
Anjungan Seni Indrus Tintin (Bunda AyQi Channel)

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru yang menarik untuk dikunjungi.

SuaraBali.id - Terdapat banyak pilihan tempat wisata di Pekanbaru. Pekanbaru merupakan ibu kota Provinsi Riau, Kota ini adalah yang terbesar di Riau.

Kota Pekanbaru merupakan kota perdangan dan jasa, termasuk sebagai kota dengan pertumbuhan migrasi dan urbanisasi yang tinggi. Tak hayak membuat kota ini ramai dikunjungi.

Sebagai kota terbesar di Riau, Pekanbaru memiliki beragam destinasi menarik yang cocok untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, kebudayaan, kesenian hingga religi ada di kota ini.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru yang menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga: Dua Objek Wisata di Garut Uji Coba Pembukaan di Masa PPKM Level 3

1. Kawah Biru

Destinasi yang pertama yaitu Kawah Biru. Tempat wisata ini paling populer dan banyak dikunjungi di Pekanbaru. Pasalnya, tempat ini menawarkan sebuah keindahan pemandangan alamnya yang sangat unik.

Seperti namanya air yang ada di kubangan kawah berwarna biru. Di sini anda dapat menikmati seluruh pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Bahkan ada sebuah spot favorit para pengunjung, yakni berada di area pinggir danau.

2. Rainbow Hills Rumbai

Berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru terdapat Rainbow Hills Rumbai atau taman pelangi. Tempat ini memiliki pesona alam yang sangat cantik.

Baca Juga: Viral, Tarif Parkir Kendaraan di Wisata Alam Bogor Bikin Geleng-Geleng Kepala

Salah satu fenomena unik yang timbul dari bukit ini adalah kontur warnya yang berubah-ubah pada setiap waktu. Rainbow Hills Rumbai terletak tidak jauh dari Danau Khayangan.

3. Riau Fantasi

Riau Fantasi adalah salah satu tempat wisata wahana terbesar dan terlengkap di daerah Sumatera. Debgan banyaknya wahana permainan, tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.

Terdapat beberapa area kolam renang, wahana uji adrenalin hingga wahana keluarga. Tempat wisata ini terletak sekitar 45 menit dari pusat Kota Pekanbaru.

4. Kebun Binatang Sang Kulim

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Kebun Binatang Sang Kulim memiliki beragam koleksi hewan baik jinak maupun liar.

Kebun Binatang Sang Kulim bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat kota. Tidak hanya bisa melihat binatang saja, di sini juga terdapat wahana permainan untuk anak-anak.

5. Istana Siak Sri Indrapura

Tidak hanya wisata alam saja, Pekanbaru juga memiliki sebuah istana yang megah dan mewah bernama Istana Siak Sri Indrapura. Istana ini menjadi pusat pemerintahan kesultanan Siak pada masa lampau.

Istana Siak menjadi saksi bisu perkembangan Islam di Riau. Istana ini juga memiliki bangunan yang megah dan mewah. Dengan menampakkan arsitektur bergaya Eropa, Arab, dan Melayu, istana berlantai dua ini masih tetap kokoh dan megah meski sudah berdiri lebih dari 100 tahun lamanya.

6. Anjungan Seni Indrus Tintin

Anjungan Seni Indrus Tintin merupakan gedung kesenian yang menjadi ikon kota Pekanbaru. Anjungan Seni Idrus Tintin menjadi tempat wisata yang kental akan budaya dan edukasinya.

Bangunan ini memiliki desain khas Melayu Riau. Nama bangunan ini diambil dari sang seniman yang mendirikannya yakni Idrus Tintin. Idrus Tintin adalah seorang seniman besar yang berasal di Riau.

7. Masjid Senapelan

Terdapat wisata religi yang populer di Pekanbaru yakni Masjid Senapelan Pekanbaru. Masjid Senapelan Pekanbaru adalah salah satu masjid yang menjadi peninggalan Kesultanan Siak di masa lalu.

Masjid yang berdiri sejak tahun 1762 ini, memiliki dekorasi yang megah dan mewah. Berdasarkan kepercayaan masyarakat sekitar, masjid ini memiliki sumur tua yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Itulah beberapa tempat wisata di Pekanbaru yang bisa menjadi pilihan saat liburan.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait