facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Makanan Khas Aceh Paling Populer, Bahkan Dijual di Berbagai Daerah dan Jadi Favorit

Pebriansyah Ariefana Selasa, 09 November 2021 | 13:47 WIB

5 Makanan Khas Aceh Paling Populer, Bahkan Dijual di Berbagai Daerah dan Jadi Favorit
Mie Aceh (Foto:Esti)

Untuk yang pecinta pedas tidak perlu khawatir karena di Aceh menyajikan menu makanan pedas yang cukup banyak.

SuaraBali.id - Makanan khas Aceh adalah makanan yang memiliki rasa dengan rempah asli Indonesia yang kental. Makanan khas Aceh ini merupakan sajian istimewa di Indonesia.

Untuk yang pecinta pedas tidak perlu khawatir karena di Aceh menyajikan menu makanan pedas yang cukup banyak.

Kota Aceh memiliki julukan Kota Serambi Mekkah ini memiliki lebih dari 20 menu makanan yang tersebar ke seluruh wilayah Aceh. Seperti mei Aceh, nasi, makanan ringan dan masih banyak lagi menu makanan yang disajikan.

Makan khas Aceh ini memang sudah tersebar luas di pelosok negeri namun rasanya memang tak seistimewa di Aceh karena di wilayah-wilayah yang terdapat menu makanan khas Aceh ini sudah dipadukan dengan rasa atau bumbu dari wilayah tersebut.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem 'Bantu' Harga Batu Bara Tetap Stabil Pada Akhir Tahun

Yang penesaran mengenai menu makanan istimewah khas Aceh, mari kita simak ulasan berikut ini:

1. Mie Aceh

Mie Aceh
Mie Aceh

Mie Aceh ini merupakan salah satu hidangan khas Aceh yang sangat populer di Aceh sendiri atau bahkan diluar Aceh. Menu ini populer karena bentuknya yang unik dan rasanya yang lezat.

Mie Aceh ini memiliki 3 jenis yaitu mie Aceh goreng, mie Aceh kuah dan mie Aceh tumis.

2. Sate Matang Aceh

Baca Juga: Stok Vaksin Covid-19 di Banda Aceh Tinggal 10.842 Dosis

Sate matang merupakan makanan yang berawal dari daerag matang, Bireuen. Sate matang ini mirip dengan sate lainnya, hanya saja sate ini menjadi istimewa kareana adanyahidangan sampingan saat menyajikan.

Hidangan sampingan itu ialah kuah soto dengan bumbu kacang. Sate matang ditambah dengan hidangan ini membuat rasanya lebih seimbang karena rasa kuah gurih bercampur dengan rasa manis dari bumbu kacang.

3. Bu Sie Itek

Bu Sie Itek ini merupakan makanan khas Aceh yang bahan dasarnya bebek, dan makanan ini sangat populer di Aceh. Makanan ini unik karena bisa ditemukan dalam bumbu merah dan putih.

Perbedaan bumbu merah dan bumbu putih ialah, bumbu merah merupakan makanan yang dibumbui dengan bumbu sabai. Sedangkan bumbu putih dibumbui dengan daun kari dan daun pandan.

4. Ayam Tangkap

Ayam tangkap ini berasal dari Aceh Selatan, nama menu makanan ini sangat unik karena cara mengidangkannya ayam disembunyikan ditumpukan bumbu sehingga waktu makan harus mencari dan menangkap terlebih dahulu.

Tetapi ingat dengan cara makannya seperti itu bukan berarti ayamnya masih hidup ya. Cara memakan seprti itu dengan maksud kita harus membuka atau menyisihkan terlebih dahulu bumbu yang berada di atas ayam tersebut.

5. Rujak Aceh

Rujak Aceh ini bisa ditemukan di Aceh besar. Makanan ini dibuat dengan menggunakan buah rumbia khas Aceh. Buah rumbia adalah buah dari pohon yang sering digunakan untuk membuat atap rumah pada zaman dulu.

Makanan ini sangat unik karena bumbu rujak ini menggunakan gula merah, sehingga rujak ini memiliki rasa manis masam.

Demikian ulasan tentang makanan khas Aceh.

Kontributor : Annisa Nur Rachmawati

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait