facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Makanan Tinggi Protein, Segera Perbaiki Pola Makan Agar Sehat

Pebriansyah Ariefana Selasa, 09 November 2021 | 12:26 WIB

5 Makanan Tinggi Protein, Segera Perbaiki Pola Makan Agar Sehat
Masakan berbahan dasar dada ayam, makanan tinggi protein.

Manfaat makanan tinggi protein ini di antaranya dapat membantu menurunkan berat badan.

SuaraBali.id - Protein adalah zat gizi yag diperlukan untuk pertumbuhan tubuh dan banyak sekali manfaat bagi perkembangan tubuh. Manfaat makanan tinggi protein ini di antaranya dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu mampu meningkatkan massa otot.

Protein terbagi menjadi dua jenis yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani berasal dari daging hewan, sedangkan protein nabati berasal dari kacang-kacangan.

Berdasarkan table Angka Kecukupan Gizi (AKG) umur 17-60 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 56-59 gram per hari untuk wanita, sedangkan untuk pria dianjuirkan untuk mengonsumsi 62-66 gram per hari.

Kali ini kita akan mengulas tentang daftar makanan yang mengandung protein. Berikut daftar makanan yang mengandung protein:

Baca Juga: Viral Istri Masak Telur Pakai Pasir Buat Suami, 'Tutorial Mempersulit Hidup'

1. Telur

Ilustrasi Telur (unsplash/Louis Hansel).
Ilustrasi Telur (unsplash/Louis Hansel).

Telur merupakan makanan yang mengandung protein yang diperlukan oleh tubuh. Namun telur tidak hanya mengandung protein saja, telur juga mengandung mineral, lemak sehat, dan zat antioksidan. Telur dalam ukuran besar mengandung 6 gram protein dan 78 kalori.

2. Almond

Ilustrasi Kacang Almond. (pixabay)
Ilustrasi Kacang Almond. (pixabay)

Almond merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Almond termasuk dalam kacang-kacangan. Namun almond tidak hanya mengandung protein saja, almond juga mengandung vitamin E, mineral mangan, dan zat magnesium. Satu ons almond bisa mengandung 28 gram protein dan 164 kalori.

3. Dada ayam

Baca Juga: Ini 6 Makanan Penyebab Asam Urat, Wajib Dihindari!

5 Makanan Tinggi Protein, Segera Perbaiki Pola Makan Agar Sehat - 3

Dada ayam juga mengandung protein yang tinggi, dalam satu dada ayam tanpa kulit mengandung 53 gram protein dan 307 kalori.

4. Ikan tuna

5 Makanan Tinggi Protein, Segera Perbaiki Pola Makan Agar Sehat - 4

Ikan tuna ternya mengadung tinggi protein, juga rendah kalori dan lemak. Ikan tuna selain mengandung protein yang tinggi juga mengandung lemak omega-3 yang berguna untuk meningkatkan kecerdasaan anak. Dalam satu kaleng ikan tuna dengan seberat 142 gram mengandung 27 gram dan 128 kalori.

5. Daging sapi

Empal daging sapi. (YouTube/Rasamasa)
Empal daging sapi. (YouTube/Rasamasa)

Daging sapi tanpa lemak ini termasuk makanan yang mengandung protein tinggi. Dalam 3 ons daging sapi mengandung 25 gram protein. Selain mengandung protein tinggi daging sapi juga mengandung zat besi, vitamin B12, dan nutrisi-nutrisi lain yang bermanfaat bagi pertumbuhan.

Demikian ulasan menganai makanan yang mengandung protein tinggi, semoga bermanfaat.

Kontributor : Annisa Nur Rachmawati

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait