alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisah Raja Mengwi Bali, Diuji Penguasa Alam Gaib Nikahi Siluman Cantik

Eviera Paramita Sandi Jum'at, 22 Oktober 2021 | 11:11 WIB

Kisah Raja Mengwi Bali, Diuji Penguasa Alam Gaib Nikahi Siluman Cantik
Pura Demung, Desa Adat Semana, Mambal, Abiansemal, Badung, Bali

Ujian tersebut berwujud seorang wanita cantik yang tenyata siluman. Makhluk gaib tersebut ikut berbaur dengan masyarakat untuk berbelanja ke Pasar Mengwi.

SuaraBali.id - Ada kisah legenda rakyat Bali yang menarik dari Pura Demung, Desa Adat Semana, Mambal, Abiansemal, Badung, Bali. Tempat ini diyakini merupakan persimpangan Bhatara Pura Batur yang sarat dengan kisah saat kekuasaan Raja Mengwi Badung.

Dikisahkan secara turun temurun, Bendesa Adat Desa Semana I Wayan Suwen menuturkan bahwa pada zaman kerajaan Mengwi Badung, Raja diuji oleh penguasa alam gaib di Desa Semana.

Ujian tersebut berwujud seorang wanita cantik yang tenyata siluman. Makhluk gaib tersebut ikut berbaur dengan masyarakat untuk berbelanja ke Pasar Mengwi.

Saat itu konon diceritakan Raja Mengwi sedang bersuka cita. Kemudian secara tidak sengaja dilihatlah siluman dari alam gaib berwujud wanita cantik.

Singkat cerita Raja Mengwi akhirnya langsung jatuh hati dan berniat mempersuntingnya.

Karena saat itu Raja memiliki kekuasaan saat itu. Singkat ceritra dibuatlah upacara mejauman, pelaksanaan upacara dikawal oleh patih dari Raja Mengwi saat itu bernama I Gusti Ngurah Mambal yang terkenal sakti.

Selanjutnya dengan menungangi kuda akhirnya Raja dan patih beserta pengiring menuju rumah dari siluman cantik penghuni alam gaib tersebut.

"Akhirnya diceriterakan iring-iringan raja tersebut sampai di salah satu tempat saat ini bernama Pura Demung dengan dikelilingi oleh telaga disebut juga oleh masyarakat batu tikeh. Pura tersebut konon katanya jika dilihat dari alam gaib di lingkari kolam," katanya seperti ditulis beritabali.com - Jaringan Suara.

Singkat ceritra saat sampai di tempat tersebut patih bertanya kepada wanita cantik siluman dari alam gaib tersebut apakah sudah bisa digelar banten menjaumnya ditempat yang ditunjuk dari wanita siluman tersebut.

Setelah banten digelar dan disiapkan, akhirnya wanita siluman tersebut memanggil Ibu dari siluman dari alam gaib tersebut. Alangkah terkejutnya dari kolam tempat wanita siluman tersebut memanggil Ibunya muncullah perwujudan siluman lintah besar seukuran kentungan.

Komentar

Berita Terkait