alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cerita Rakyat Bali Hari Ini: Asal Muasal Buleleng dan Singaraja

Pebriansyah Ariefana Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:46 WIB

Cerita Rakyat Bali Hari Ini: Asal Muasal Buleleng dan Singaraja
Cerita Rakyat Bali / dongeng sebelum tidur (Youtube Dongeng Kita)

Kisah asal muasal Buleleng dan Singaraja datang dari penguasa Bali, Sri Bagening.

SuaraBali.id - Buleleng dan Singaraja kini menjadi salah satu nama daerah di Bali. Dalam cerita rakyat Bali, kedua nama itu punya asal usul.

Kisah asal muasal Buleleng dan Singaraja datang dari penguasa Bali, Sri Bagening. Selain itu pemeran utama I Gede Pasekan. Ini adalah sebuah dongeng.

Kisah legenda Bali atau juga cerita rakyat Bali bisa diceritakan ke pada anak sebagai dongeng sebelum tidur. Anak-anak perlu dikenalkan dengan cerita rakyat dan legenda Indonesia.

Sebelum tidur, ibu atau ayah kita dahulu pasti sering membacakan dongeng ataupun cerita rakyat agar anak mendapatkan momen berharga atau mempererat ikatan antara anak dan ibu atau ayahnya.

Baca Juga: Apa Arti Beach Club? Kini Lagi Populer di Bali

Membacakan cerita sebelum tidur juga dapat merangsang imajinasi dan kreativitas Si kecil.

Berikut cerita rakyat Bali untuk dongeng sebelum tidur dikutip dari Dongeng Cerita Rakyat Asal Muasal Buleleng dan Singaraja:

Asal Muasal Buleleng dan Singaraja

Sri Bagening adalah penguasa Bali. Sang Raja memiliki banyak istri, salah satunya adalah Luh Pasek. Ni Luh Pasek berasal dari Desa Panji dan masih keturunan Kyai Pasek Gobleng. Suatu hari, Ni Luh Pasek mengandung.

Oleh suaminya, ia dititipkan kepada Kyai Jelantik Bogol. Tak berapa lama anaknya lahir. Anak itu diberi nama I Gede Pasekan.

Baca Juga: Berani Langgar Prokes Covid-19, Wisman di Bali Bisa Dideportasi, Ini Penjelasan Cok Ace

Seiring waktu, I Gede Pasekan tumbuh menjadi menjadi pemuda yang sangat dicintai dan dihormati oleh rakyat. Suatu hari, ia disuruh untuk pergi ke suatu bukit. Ia dibekali dua senjata pusaka, yaitu Keris Ki Baru Semang dan Tombak Ki Tunjung Tutur.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait