alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bagus Buat Kesehatan Pencernaan, Ini 5 Makanan yang Punya Kandungan Prebiotik

Dinar Surya Oktarini Senin, 27 September 2021 | 19:07 WIB

Bagus Buat Kesehatan Pencernaan, Ini 5 Makanan yang Punya Kandungan Prebiotik
Ilustrasi pisang (Pexels/Dom J)

Ada beberapa makanan yang mengandung prebiotik yang bagus untuk kesehatan.

SuaraBali.id - Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu meningkatkan kesehatan salah satunya yang mengandung prebiotik, kandungan tersebut membantu pencernaan hingga mencegah beberapa penyakit dalam, seperti radang usus. 

Ada perbedaan antara prebiotik dan probiotik. Prebiotik adalah zat yang membantu memberi bakteri baik lewat makanan yang dikonsumsi, yang dampaknya baik untuk kesehatan usus.

Sedangkan probiotik mengacu pada bakteri sehat yang sudah ada di usus. Bakteri sehat ini akan tumbuh dan berkembang, jika Anda mengonsumsi makanan seperti sehat seperti kimchi dan beberapa suplemen tertentu.

Melansir dari Insider, ada lima makanan yang mengandung prebiotik yang baik untuk kesehatan Anda. Apa saja? Berikut daftarnya!

Baca Juga: 5 Makanan Mengandung Prebiotik, Bagus untuk Kesehatan Pencernaan!

Apel

Ilustrasi buah apel (Pixabay/pasja1000)
Ilustrasi buah apel (Pixabay/pasja1000)

Satu apel mengandung lima gram sehat, serta kaya akan pektin yang dapat meningkatkan kesehatan usus. Fakta ini diungkap lewat studi pada tahun 2015, yang menyatakan bahwa apel memiliki sifat penurun kolesterol yang meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Pisang

Bagus Buat Kesehatan Pencernaan, Ini 5 Makanan yang Punya Kandungan Prebiotik - 2

Satu buah pisang mengandung sekitar dua gram serat sebesar tujuh persen. Selain itu, pisang mengandung berbagai serat, salah satunya prebiotik fruktooligosakarida. Selain baik untuk mikroba usus, pisang juga mengandung sumber potasium yang baik, di mana kandungan ini baik untuk kontraksi otot.

Bawang

Baca Juga: Sobat Pencernaan, Berikut 5 Prebiotik Terbaik untuk Mikrobioma Usus!

Ilustrasi bawang merah (Envato elements by katrinshine)
Ilustrasi bawang merah (Envato elements by katrinshine)

Satu bawang mengandung sekitar 1,2 gram sebesar empat persen. Bawang juga mengandung sumber FOS dan inulin, yakni sejenis serat yang dapat membantu bakteri baik untuk kesehatan usus.
Fakta ini diungkap lewat studi meta-analisis pada 2015, bahwa mengonsumsi makanan dengan campuran bawang dapat mengurangi risiko dari kanker lambung.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait