alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Minim Matahari, Ini 7 Tanaman Hias yang Cocok di Dalam Ruangan

Dinar Surya Oktarini Senin, 20 September 2021 | 13:51 WIB

Minim Matahari, Ini 7 Tanaman Hias yang Cocok di Dalam Ruangan
Ilustrasi aglonema atau aglaonema (elemen envato)

Deretan tanaman hias satu ini cocok banget untuk di dalam ruangan.

SuaraBali.id - Untuk menyegarkan ruangan ada beberapa tanaman hias yang cocok dan bisa tetap hidup dengan minim cahaya matahari. 

Buktinya, beberapa tanaman ini mampu bertahan hidup di lingkungan yang kurang paparan sinar matahari atau bahkan tanpa paparan sinar matahari sedikitpun.

Melansir laman Architectural Digest, berikut 7 tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari, sehingga cocok disimpan di dalam ruangan.

  • Zamioculas zamiifolia

ZZ atau yang lebih dikenal dengan pohon dollar merupakan pilihan tepat untuk menghiasi sebuah ruangan. Tidak hanya toleran dengan papatan sinar matahari yang rendah, ZZ bahkan dipercaya mampu tumbuh meski tanpa cahaya sekalipun.

Baca Juga: Fantastis, Tanaman Hias Monstera Dijual Seharga Rp225 juta

Namun perlu sedikit hati-hati ketika merawat tanaman satu ini, karena mereka mengandung oksalat yang menyebabkan gatal-gatal

  • Lucky bamboo

Lucky bamboo atau dracaena sanderiana merupakan tanaman yang tidak membutuhkan banyak paparan sinar matahari.

Kemampuan ini ditopang dengan kemampuan batang lucky bamboo untuk hidup di dalam vas berisi air dengan minimnya kondisi matahari.

  • Monstera
Tanaman hias monstera. (Foto: Tim van de Waard)
Tanaman hias monstera. (Foto: Tim van de Waard)

Tanaman yang sedang naik daun beberapa waktu ini rupanya juga mampu bertahan dengan minimnya asupan cahaya matahari.

Monstera tergabung dalam keluarga araceae di mana dalam bahasa Latin berarti tidak normal. Namun ketidaknormalan ini diartikan dalam bentuk positif yakni kemampuan daunnya yang lebar dan berlubang yang mampu bertahan dalam habitatnya di hutan belantara.

Baca Juga: 5 Jenis Pupuk untuk Aglonema agar Tetap Subur dan Indah

  • English ivy

Di samping kemampuannya tumbuh dalam kondisi cahaya matahari yang rendah, englsih ivy bahkan tetap mampu memurnikan udara, menyaring racun, jamur serta kotoran di udara.

Tanaman dengan nama lain daun ivy ini sudah dikenal sebagai sebagai tanaman hijau yang tumbuh sejak zaman kuno dan telah lama digunakan sebagai elemen dekorasi

  • Pakis Staghorn

Selain mampu tumbuh subur tanpa banyaknya sinar matahari, pakis staghorn juga dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi lembab.

Oleh karena itu, tanaman ini bisa menjadi pilihan hiasan unik untuk kamar mandi Anda. Pakis staghorn dapat ditanam dalam pot atau digantung di dinding.

  • Anthurium merah

Jika Anda mencari tanaman hias yang dapat berbunga sepanjang tahun, anthurium merah ini bisa menjadi pilihan tepat. Bunga-bunga berwarna putih, merah, dan merah mud aini bahkan bisa mekar selama enam minggu

Penyiraman anthurium merah juga cukup dilakukan satu sampai dua kali dalam seminggu.

  • Aglonema

Tanaman hias ini bisa jadi pilihan untuk dipajang di cahaya minim dalam ruangan.

Selain itu, perawatan aglonema juga cukup mudah. Ia bisa bertahan yanpa air sampai tiga minggu, tidak membutuhkan pupuk, dan dapat bertahan hirup dalam cahaya lampu.

Demikian 7 jenis tanaman hias yang dapat Anda jadikan penghias ruangan dengan cahaya minimal. Semoga referensi tanaman hias kali ini semakin mempercantik dan menyegarkan lingkungan rumah Anda!

(Arendya Nariswari)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait