alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Profil Stefano Lilipaly, Gelandang Bali United

Pebriansyah Ariefana Senin, 30 Agustus 2021 | 16:45 WIB

Profil Stefano Lilipaly, Gelandang Bali United
Gelandang Bali United Stefano Lilipaly (HO/Baliutd.com)

Stefano Lilipaly pernah bermain di Persija Jakarta dan tim nasional sepakbola Indonesia.

SuaraBali.id - Profil Stefano Lilipaly, gelandang Bali United yang merupakan pemain sepakbola kelahiran Belanda. Pria bernama lengkap Stefano Jantje Lilipaly lahir 10 January 1990.

Stefano Lilipaly pernah bermain di Persija Jakarta dan tim nasional sepakbola Indonesia.

Stefano Lilipaly bermain di posisi gelandang serang, tapi juga bisa bermain di posisi sayap. Stefano Lilipaly mewakili negaranya di tim nasional U-17. Lilipaly kemudian debut pada tim nasional sepakbola Indonesia pada tahun 2013.

Dia pernah membela Belanda U-15 hingga U-18, tetapi menyatakan lebih memilih Indonesia untuk level senior.

Baca Juga: Banyak Keputusan Kontroversial Wasit di Pekan Pembuka Liga 1, PSSI Langsung Investigasi

Pada Januari 2011 dia dipanggil Badan Tim Nasional PSSI untuk mengikuti seleksi tim nasional sepak bola Indonesia U-23 yang disiapkan untuk Sea Games 2011 dan kualifikasi Olimpiade 2012, tetapi akhirnya membatalkan kedatangannya dengan alasan belum pulih sepenuhnya dari cedera.

Gelandang, Bali United, Stefano Lilipaly, saat berduel dengan salah satu pemain Persib Bandung. (Dok. Bali United)
Gelandang, Bali United, Stefano Lilipaly, saat berduel dengan salah satu pemain Persib Bandung. (Dok. Bali United)

Stefano dipanggil oleh BTN bentukan PSSI dan KPSI untuk mengahadapi Arab Saudi pada laga kualifikasi piala asia melawan Arab Saudi, tetapi ia gagal untuk memperkuat skuat timnas karena ada masalah dengan administrasi saat pelatih dikepalai oleh Rahmad Darmawan.

Pada 14 Agustus 2013, ia mengawali debut resminya di tim nasional Indonesia melawan Filipina dan membuat 1 assist dalam debut pertamanya. Pertandingan berakhir 2-0 untuk kemenangan Indonesia.

Gol perdana Lilipaly untuk Timnas Indonesia adalah di pertandingan melawan Timnas Singapura di Piala AFF 2016, gol tersebut merupakan gol penentu kemenangan Timnas Indonesia sekaligus mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke babak semi final Piala AFF 2016.

Lilipaly kembali mencetak gol kala menghadapi Timnas Vietnam di second leg semi-finals Piala AFF 2016 dan mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke babak final Piala AFF 2016.

Baca Juga: 5 Hits Bola: 10 Pesepak Bola Termahal ASEAN saat Ini, Nomor 6 dari Indonesia

Dikutip dari berbagai sumber, Stefano Lilipaly pernah main di 6 klub sepakbola, termasuk Bali United tempat dia berlabuh saat ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait