alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Apa Itu Kopi Bali Kintamani, Penjelasan Lengkap Hingga Cara Penyajiannya

Pebriansyah Ariefana Selasa, 20 Juli 2021 | 22:36 WIB

Apa Itu Kopi Bali Kintamani, Penjelasan Lengkap Hingga Cara Penyajiannya
Kopi Kintamani. (Instagram/@kopikintamani)

Kekayaan alam yang Bali yang melimpah ruah salah satunya adalah menghasilkan keragaman hayati yang dapat dinikmati oleh penduduk Bali.

SuaraBali.id - Kopi Bali terkenal di dunia, yaitu Kintamani. Kekayaan alam yang Bali yang melimpah ruah salah satunya adalah menghasilkan keragaman hayati yang dapat dinikmati oleh penduduk Bali.

Seperti olahan biji kopi yang menghasilkan kopi berkualitas dan cita rasa khas, yang juga telah mendunia seperti kopi Kintamani.

Bagi para pecinta Kopi yang tengah berlibur ke Bali tak lengkap rasanya jika liburan tanpa menyeduh kopi khas Bali langsung dari tempat asalnya.

Kopi Kintamani merupakan produk olahan kopi asli dari daerah Kintamani dan ditanam pada dataran tinggi di atas 900 mdpl selain itu kopi Kintamani adalah agroekosistem.

Baca Juga: Daftar 7 Senjata Tradisional Bali yang Melegenda Sejak Dulu Kala

Iklim di kawasan Kintamani yang dingin, kering, dan terdapat tanah vulkanik yang subur cocok untuk membudidayakan kopi Kintamani yang termasuk dalam jenis kopi Arabika dengan hasil berkualitas tinggi.

Unik dan istimewanya lagi para petani kopi di Kintamani memperlakukan kopi-kopi tersebut berlandaskan pada tri hita.

Karakteristik Kopi Kintamani atau cita rasa khas yang dimiliki oleh kopi satu ini adalah rasanya yang segar dan aromanya yang eksotis seperti jeruk (citrus). Sehingga tidak meninggalkan bekas di mulut.

Selain itu kopi Kintamani tidaklah pahit atau sepat, dengan tingkat keasaman sedang bahkan cenderung tak asam.

Cara penyajian kopi Kintamani dapat dibuat sesuai dengan selera, dapat diseduh dengan menggunakan gula, tubruk, atau bisa dinikmati tanpa campuran apapun.

Baca Juga: Daftar Pelonggaran PPKM Darurat Jawa-Bali Jika Sampai 26 Juli 2021 Kasus COVID-19 Turun

Kontributor : Kiki Oktaliani

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait