alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bali Diyakinin Capai Herd Immunity

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 11 Juni 2021 | 13:26 WIB

Bali Diyakinin Capai Herd Immunity
Petugas kesehatan memeriksa kesehatan seorang berkebutuhan khusus sebelum menyuntikan vaksin COVID-19 AstraZeneca di rumahnya di Periuk, Kota Tangerang, Banten, Selasa (8/6/2021). ANTARA FOTO/Fauzan

Sonny mengatakan Bali termasuk provinsi dengan tingkat vaksinasi tertinggi di Indonesia bila dibandingkan daerah lainnya.

SuaraBali.id - Bali diyakini capai herd immunity atau kekebalan kelompok berdasarkan tingkat kepesertaan vaksinasi COVID. Hal itu dikatakan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harmadi.

Sonny mengatakan Bali termasuk provinsi dengan tingkat vaksinasi tertinggi di Indonesia bila dibandingkan daerah lainnya.

"Kita punya target minimal 3 juta orang Bali divaksin untuk mencapai target kekebalan kelompok 70 persen dari populasi," katanya dalam acara Sosialisasi Bali Bangkit yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan secara daring yang dipantau di Jakarta, Jumat siang.

Ia melaporkan vaksinasi dosis pertama di Bali hingga saat ini sudah lebih dari 1,5 juta orang dan vaksinasi dosis kedua lebih dari 676 ribu orang. Artinya, Bali masih membutuhkan tambahan sekitar 800 ribu peserta vaksinasi COVID-19 untuk mencapai kekebalan kelompok sebanyak 3 juta orang.

Baca Juga: Piala Wali Kota Solo Diikuti Tim-tim Sultan, Ini Jawabannya

"Kalau kita lihat gabungan dari keduanya kan sudah lebih dari 2,2 juta orang divaksin. Sebentar lagi bisa mencapai kekebalan kelompok mendukung Bali untuk bangkit," katanya.

Sonny menambahkan tren kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak di Bali sudah sangat baik. "Seluruh kabupaten di Bali itu kepatuhan terhadap masker dan jaga jarak sudah di atas 93 persen," katanya.

Tingkat kepatuhan menjaga jarak dan memakai masker yang berada di bawah angka rata-rata, kata Sonny, adalah Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Gianyar.

"Namun, kami sangat mengapresiasi kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang kami amati setiap hari di dashboard monitoring perubahan perilaku untuk Bali sangat baik," ujarnya. (Antara)

Baca Juga: Dikawal Ganjar, Jokowi Tinjau Vaksinasi Seribu Orang di Pelabuhan Tanjung Emas

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait