facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dampak Pandemi Covid-19, Jumlah Wisatawan Pura Taman Ayun Merosot 99 Persen

Arief Apriadi Sabtu, 20 Maret 2021 | 10:36 WIB

Dampak Pandemi Covid-19, Jumlah Wisatawan Pura Taman Ayun Merosot 99 Persen
DTW Pura Taman Ayun Mengwi. [BeritaBali/Istimewa]

"Sebelum pandemi kunjungan kurang lebih 1.000 orang per hari sedangkan saat ini merosot hanya ada 10 orang," kata Manager DTW Taman Ayun Mengwi, I Made Suandi.

SuaraBali.id - Pandemi Covid-19 sangat berdampak kepada kehidupan masyarakat tak terkecuali di sektor ekonomi dan pariwisata. Di Bali, destinasi wisata sangat merasakan efek negatif yang terlihat dari merosotnya jumlah kunjungan wisatawan.

Seperti yang terjadi di Daya Tarik Wisata (DTW) di Kabupaten Badung tepatnya di DTW Pura Taman Ayun Mengwi. Penurunan jumlah wisatawan terjadi begitu signifikan bahkan hingga 99 persen.

Hal itu disampaikan Manager DTW Taman Ayun Mengwi, I Made Suandi, Jumat (19/3/2021, sebagaimana dilansir dari BeritaBali --jaringan Suara.com.

"Sebelum pandemi kunjungan kurang lebih 1.000 orang per hari sedangkan saat ini merosot hanya ada 10 orang pengunjung per harinya dan terkadang bisa tidak ada sama sekali," kata I Made Suandi.

Baca Juga: Menkes BGS Sebut Ekonomi Indonesia Susah Dua Tahun Terakhir

"Sebelum pandemi kunjungan kurang lebih 1.000 orang per hari sedangkan saat ini merosot hanya ada 10 orang pengunjung per harinya dan terkadang bisa tidak ada sama sekali," tambahnya.

Penurunan jumlah kunjungan tersebut telah dirasakan sejak Maret 2020 hingga memasuki Maret tahun ini. Sebelum adanya pandemi, wisatawan yang datang ke Pura Taman Ayun Mengwi banyak berasal dari mancanegara.

"Tamu mancanegara dalam kondisi normal biasanya ada datang dari Belanda, Jerman, Italia, Jepang maupun dari negara Prancis," jelasnya.

Salah satu daya tarik dari Pura Taman Ayun Mengwi dijelaskan Suandi adalah arsitektur hingga suasana objek wisata itu sendiri.

"Mereka (para Wisatawan) rata-rata senang suasana maupun penataan disini yang dinilai masih alami, salah satunya kolam yang mengelilingi Taman Ayun ini," beber Suandi.

Baca Juga: Menteri Teten Masduki Klaim 12 Juta UMKM Telah Melek Digital

Kendati tengah mengalami kesulitan, Pura Taman Ayun Mengwi masih mencoba untuk mempertahankan para karyawan dengan cara menyesuaikan tugas dan pembagian jam kerja.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait