alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wanita Ini Tak Ganti Baju Selama 100 Hari, Aksinya Jadi Sorotan

Husna Rahmayunita | Amertiya Saraswati Selasa, 12 Januari 2021 | 14:33 WIB

Wanita Ini Tak Ganti Baju Selama 100 Hari, Aksinya Jadi Sorotan
Ilustrasi dress. (Unsplash/Tamara B)

Sarah pun memakai gaun tersebut untuk bekerja, jalan-jalan, bersantai di rumah, bahkan saat Natal.

SuaraBali.id - Mengganti baju setiap hari sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Selain untuk penampilan, berganti baju menandakan kalau orang suka kebersihan.

Tapi apa jadinya kalau selama 100 hari tak ganti baju? Itu yang dilakukan seorang wanita kali ini.

Wanita tersebut hanya memakai satu baju selama 100 hari penuh, tanpa menggantinya dengan pakaian lain. Hanya sesekali melakukan kombinasi.

Seorang perempuan 52 tahun bernama Sarah Robbins-Cole menarik perhatian setelah mengikuti tantangan bernama 100 Day Dress Challenge. Tantangan itu mengharuskannya memakai 1 baju yang sama selama 100 hari.

Baca Juga: Nenek Imut Dipuji-puji Usai Respons Orang-orang yang Membencinya

Menyadur Mirror, tantangan itu diadakan oleh brand bernama Wool&. Selama tantangan, Sarah hanya boleh memakai gaun Rowena warna hitam yang terbuat dari wol merino.

Selama 100 hari, Sarah pun memakai gaun tersebut untuk bekerja, jalan-jalan, bersantai di rumah, bahkan saat Natal. Meski tak biasa, Sarah menyebut bahwa pengalaman itu malah membuatnya tak ingin membeli baju baru lagi.

Sarah mengikuti 100 Day Dress Challenge sejak tanggal 16 September 2020 silam. Tantangan itu dimaksudkan untuk mencoba menjalani hidup tanpa fast fashion demi menyelamatkan Bumi.

Istilah fast fashion sendiri mengacu pada model pakaian yang terus berganti secara cepat. Namun, yang Sarah lakukan adalah sebaliknya.

"Yang membuatku terkejut, memakai gaun yang sama selama 100 hari berturut-turut tidak mengubah apa pun dari hidupku," kisah Sarah.

Baca Juga: Kepergok Beli Kain untuk Lesti Kejora, Ivan Gunawan Beberkan Harganya

Viral Wanita Pakai 1 Baju Sama untuk 100 Hari (instagram.com/thisdressagain)
Viral Wanita Pakai 1 Baju Sama untuk 100 Hari (instagram.com/thisdressagain)

"Sebaliknya, ini menginspirasiku untuk melakukan lebih dan tidak membeli baju baru atau aksesoris lagi sejak 1 Januari 2021 hingga 1 Januari 2022."

Lewat pengalaman tersebut, Sarah sadar bahwa ia sudah punya banyak baju. Jika nantinya ia butuh baju pesta, Sarah akan memakai gaun lama dari tahun 1992.

Ibu 3 anak ini merupakan salah satu dari 250 wanita yang ikut melaksanakan tantangan dari Wool&. Pengalamannya ia bagikan lewat laman Instagram @thisdressagain.

Meski hanya boleh memakai satu baju selama 100 hari, bukan berarti gaun tersebut tidak dicuci.

Sebaliknya, laman Wool& mengizinkan partisipan untuk mencuci dan mengeringkan baju saat malam tiba. Namun, gaun itu harus dipakai lagi begitu bangun tidur.

Nantinya, partisipan yang berhasil menjalani tantangan selama 100 hari akan mendapat hadiah voucher USD 100 atau Rp 1,4 juta untuk belanja gaun baru Wool&.

Viral Wanita Pakai 1 Baju Sama untuk 100 Hari (instagram.com/thisdressagain)
Viral Wanita Pakai 1 Baju Sama untuk 100 Hari (instagram.com/thisdressagain)

Selain itu, Sarah juga diizinkan untuk memadukan gaun tersebut dengan baju lainnya yang sudah ia miliki. Sebagai contoh, Sarah menambahkan kerah saat bekerja.

Kemudian saat jalan-jalan, Sarah akan memasukannya ke dalam celana jeans atau menggunakan aksesoris lain.

Menurut Sarah, satu-satunya tantangan adalah ia harus konsisten mengunggah foto ke media sosial serta memikirkan ide kreatif untuk padu-padan baju.

Kini, Sarah pun menjadi viral setelah membagikan tantangannya. Ia juga merasa lebih nyaman karena memakai satu baju membantunya untuk berpikir lebih sederhana.

"Membiarkan hal-hal berjalan sederhana, yang mana dilakukan lewat tantangan ini, benar-benar membantuku memikirkan apa yang lebih penting," ungkap Sarah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait