alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

31 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 untuk Bali, Disebar Mulai 22 Januari

Husna Rahmayunita Senin, 04 Januari 2021 | 16:14 WIB

31 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 untuk Bali, Disebar Mulai 22 Januari
Ilustrasi vaksin Covid-19. [Shutterstock]

Vaksin Covid-19 diperkirakan tiba di Bali nanti malam.

SuaraBali.id - Sama seperti daerah lain, Bali akan menerima vaksin Covid-19. Bali akan menerima 31.000 ribu vaksin Covid-19 jenis Sinovac.

Vaksin Covid-19 tahap pertama diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. Sementara untuk pembagiannya dimulai pada 22 Januari 2021 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya mengatakan  31 ribu dosis vaksin Sinovac akan segera tiba di Pulau Dewata pada Senin (4/1) malam.

"Vaksin sudah diberangkatkan lewat jalur darat dari Bandung pada Minggu (3/1) sekitar pukul 15.00 WIB. Siang ini masih dalam perjalanan dan berada di kawasan Solo," kata dr Suarjaya di Denpasar.

Baca Juga: Dokter Tirta Sindir Anak Muda soal Vaksin: Kalau Mau Edgy, Melek Literasi!

Seusai tiba di Bali, proses serah terima Vaksin Covid-19 dilakukan di Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kota Denpasar.

"Nanti juga akan ada pengawalan dan pengamanan vaksin Covid-19 dari aparat kepolisian setempat," ujarnya.

Secara keseluruhan ada 2,69 juta lebih masyarakat Bali yang berusia 18-59 tahun yang nantinya akan menjadi sasaran vaksinasi.

Simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Abiansemal Badung. (ist)
Simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Abiansemal Badung. (ist)

Terkait alat penyimpanan maupun distribusi vaksin Covid-19, Suarjaya mengatakan ada cold room, lemari es, vaccine carrier, cold box dan cool pack.

Jenis alat penyimpanan vaksin Covid-19 berkapasitas besar atau cold room di Provinsi Bali berjumlah empat, yakni yang berada di Kabupaten Jembrana 1 cold room, Badung 1 cold room dan Kota Denpasar 1 cold room yang berada di RSUP Sanglah. Sedangkan sisanya berada di Dinas Kesehatan Provinsi berjumlah 1 cold room.

Baca Juga: Hore! Hari Ini Vaksin Covid-19 Tiba di Samarinda

Sedangkan untuk lemari es yang akan digunakan juga sebagai alat penyimpanan vaksin, Pemprov Bali telah menyiapkan total sebanyak 287 lemari es yang tersebar di sembilan kabupaten/kota di Provinsi Bali.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait