facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menyibak Pesona Curug Cibeureum, Obyek Wisata Alam Populer di Taman Nasional Gede Pangrango

Risna Halidi Senin, 24 Januari 2022 | 16:10 WIB

Menyibak Pesona Curug Cibeureum, Obyek Wisata Alam Populer di Taman Nasional Gede Pangrango
Curug Cibeureum di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. (Suara.com/Risna Halidi)

Berikut ini informasi mengenai Curug Cibeureum, tempat wisata populer yang berlokasi di Taman Nasional Gede Pangrango, Jawa Barat.

SuaraBali.id - Curug Cibeureum merupakan salah satu wisata alam yang ada di Cianjur, Jawa Barat. Curug ini termasuk wisata alam yang populer dan berlokasi di kawasan Gunung Gede Pangrango.

Curug Cibeureum dikenal karena memiliki pesona yang instagenic. Meski ketinggian Curug Cibeureum hanya 40 meter, namun Curug ini memiliki karaktersitik aliran air terjun yang cukup deras.

Ditambah lagi dengan air yang sangat jernih serta udara sekitar yang sangat segar, berhasil menambah daya tarik dari wisata alam Curug Cibeureum.

Penasaran dengan obyek wisata ini? ingin tahu mengenai Curug Cibeureum? Yuk, simak ulasan mengenai harga tiket, jam buka atau operasional, alamat, aktivitas wisata yang bisa dilakukan, serta fasilitas yang tersedia. Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Curug Cigentis, Wisata Alam Populer di Karawang

Berikut ini informasi mengenai Curug Cibeureum yang populer. Curug ini berlokasi di Taman Nasional Gede Pangrango
Berikut ini informasi mengenai Curug Cibeureum yang populer. Curug ini berlokasi di Taman Nasional Gede Pangrango

Melansir dari berbagai sumber, obyek wisata alam ini beralamat lengkap di Perbawati, Sukabumi, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Untuk masuk ke Curug Cibeureum ini, pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp16.000 pada hari biasa. Dan pada hari libur akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp18.500.

Setelah melewati loket tiket masuk, pengunjung akan melakukan trekking untuk bisa sampai di lokasi Curug Cibeureum. Trekking dengan jarak kurang lebih 3 KM, bisa ditempuh dengan waktu antara 1 hingga 2 jam.

Di tengah perjalan menuju Curug Cibeureum, pengunjung akan menemui Telaga Biru, yang memiliki keindahaan menakjubkan. Di telaga biru ini, pengunjung juga bisa melakukan sesi pemotretan. 

Selain bisa melakukan sesi pemotretan di Telaga Biru, pengunjung juga bisa melakukan sesi pemotretan di jembatan panjang rawa panyancangan. Jembatan ini masih satu jalur untuk menuju ke Curug Cibeureum.

Baca Juga: Menilik Keindahan Curug Balong Endah di Bogor

Setelah melewati jembatan ini, pengunjung akan melewati pos persimpangan jalur pendakian. Di pos ini, pengunjung bisa istirahat terlebih dahulu, jika mengalami kecapekan.

Setelah melanjutkan trekking sejauh kurang lebih 300 meter, pengunjung akan sampai pada Curug Cibeureum. Di Curug ini, pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas wisata yang menyenangkan.

Diantaranya, melakukan sesi pemotretan dengan latar belakang air terjun. Sekaligus bermain air di dekat air terjun, dengan mengguyurkan diri di bawah aliran air terjun. 

Kolam yang terbentuk dari aliran air Curug, bisa digunakan sebagai tempat berenang oleh pengunjung. Karena kolam tersebut memiliki kedalaman yang terbilang dangkal. Namun, bagi yang tidak tahan dengan air dingin, tidak disarankan untuk berenang.

Selain aktivitas tersebut, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas berkemah di area Mandalawangi Campground. Biasanya, banyak wisatawan yang berkemah untuk beristirahat sekaligus menikmati keindahan alam di area ini. 

Sebagai obyek wisata yang sudah lama dikelola dan dikembangkan, Curug Cibeureum sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai. Diantaranya, toilet, gazebo, dan mushollah.

Untuk diketahui, Curug Cibeureum ini membatasi pelayanan tiket masuk hingga jam 13.00 WIB  pada setiap harinya.

Demikianlah ulasan mengenai alamat lengkap Curug Cibeureum, harga tiket, aktivitas wisata, dan fasilitas yang tersedia di tempat ini.

Kontributor : Agung Kurniawan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait