alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hujan Lebat Dan Angin Kencang Masih Diprediksi Terjadi di Bali Hari Ini

Eviera Paramita Sandi Rabu, 12 Januari 2022 | 08:04 WIB

Hujan Lebat Dan Angin Kencang Masih Diprediksi Terjadi di Bali Hari Ini
Petugas menunjukkan citra satelit Himawari di Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah 3 Denpasar, Bali, Selasa (20/10/2020). [ANTARA FOTO/Fikri Yusuf]

Salah satu provinsi yang masih akan diguyur hujan lebat menurut BMKG hari ini salah satunya adalah Bali.

SuaraBali.id - Potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Rabu (12/1/2022) hari ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun menyampaikan prakiraan cuaca dan peringatan dini sebagai kewaspadaan masyarakat.

Salah satu provinsi yang masih akan diguyur hujan lebat menurut BMKG hari ini salah satunya adalah Bali

Adapun hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang berpeluang terjadi di 22 dari 34 provinsi di Indonesia termasuk Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Selain itu juga wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, Gorontalo, Papua, dan Papua Barat.

BMKG melaporkan bahwa pertumbuhan awan hujan di bagian wilayah Indonesia meningkat karena adanya sirkulasi siklonik serta daerah konvergensi/konfluensi (pertemuan angin). Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa Barat, membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudra Hindia selatan Banten.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Lampung hingga Jawa Tengah, Laut Jawa, dan Papua bagian tengah dan selatan. Selain itu ada daerah konfluensi di Laut Flores, Laut Banda, dan Laut Arafuru.

BMKG masih memperkirakan adanya peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi. (ANTARA)

Komentar

Berita Terkait