facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dari Tradisional Sampai Modern, Ini 10 Jenis Olahan Makanan dari Singkong

Risna Halidi Jum'at, 19 November 2021 | 11:55 WIB

Dari Tradisional Sampai Modern, Ini 10 Jenis Olahan Makanan dari Singkong
Ilustrasi singkong kupas. (Pixabay/Dian A. Yudianto)

Singkong dapat diolah dengan berbagai macam makanan untuk cemilan juga. Berikut beberapa olahan makanan dari singkong:

SuaraBali.id - Makanan dari singkong. Singkong merupakan tanaman jenis umbi yang mengandung karbohidrat. Tak jarang di Indonesia menjadikan singkong sebagai makanan pokok. Singkong juga dapat ditemukan di pasar dengan harga yang relatif murah.

Namun singkong juga dapat diolah dengan berbagai macam makanan untuk cemilan juga. Berikut beberapa olahan makanan dari singkong:

1. Singkong gulung isi tuna
Menjadikan singkong sebagai makanan utama, tak hanya dikukus atau digoreng saja. Singkong gulung isi tuna ini bisa menjadikan ide untuk hidangan utama. Sehingga gizi yang diperoleh tak hanya karbohidrat saja.

2. Srawut singkong goreng
Untuk membuat srawut singkong biasanya hanya dikukus lalu diberi gula merah saja. Namun srawut singkong juga dapat dicampur dengan olahan daging ayam dan keju.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Makanan dari Singkong dengan Cita Rasa Khas, Lezat, dan Kaya Karbohidrat

Buat kalian yang bosan dengan olahan singkong kukus/goreng, srawut singkong bisa dijadikan variasi baru untuk cemilan di rumah, nih.

3. Sawut singkong gunung
Sawut singkong gunung berbahan dasar singkong yang diparut kasar dan memiliki rasa manis yang berasal dari gula merah. Biasanya sawut singkong ini ditemukan di pedagang cenil. Dinamakan sawut singkong gunung karena disajikan dengan bentuk yang menyerupai seperti gunung.

4. Donat singkong
Donat dapat dibuat dengan berbagai macam bahan dasar, salah satunya yaitu singkong. Rasa donat singkong juga tak kalah lezat dengan bahan dasar lainnya. Untuk topping bisa ditambahkan gula halus atau meses sesuai dengan kreatifitas.

5. Timus singkong
Timus singkong dapat menjadi pilihan cemilan yang mudah dibuat. Cukup diparut lalu peras hingga kering. Setelah ditambahkan dengan berbagai macam bahan lainnya, singkong dibentuk menjadi lonjong dan diisi dengan irisan gula jawa.

6. Singkong Thailand
Tak hanya Indonesia yang familiar dengan singkong, negara tetangga, Thailand pun juga. Makanan yang biasa disebut dengan sweet cassava ini mudah dibuat, cukup merebus singkong dengan gula dan dibaluri dengan saus santan yang kental.

Baca Juga: Tutorial Masak Cemilan Harga Rp 1000 Ala Bocil Panen Komentar Warganet

7. Lemet singkong
Kue tradisional dibungkus dengan daun pisang ini cukup dikenal karena bahan dan pembuatannya yang mudah. Cukup dengan singkong, kelapa, dan gula untuk membuatnya. Dengan tekstur yang kenyal dan perpaduan rasa manis dapat menjadikan lemet singkong sebagai cemilan favorit.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait