facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Minuman dan Makanan Khas Medan Paling Enak, Wajib Beli untuk Oleh-oleh

Pebriansyah Ariefana Rabu, 17 November 2021 | 16:24 WIB

5 Minuman dan Makanan Khas Medan Paling Enak, Wajib Beli untuk Oleh-oleh
Ilustrasi Bolu Meranti.

Kali ini kota akan bahas minuman dan makanan khas Medan paling terkenal.

SuaraBali.id - Medan salah satu kota terbesar di Indonesia menyimpan banyak keragaman potensi. Mulai dari kuliner hingga budaya. Kali ini kota akan bahas minuman dan makanan khas Medan paling terkenal.

Makanan khas Medan ini juga bisa dibeli dan dibawa menjadi oleh-oleh.

Berikut minuman dan makanan khas Medan wajib diborong saat berlibur ke Medan:

1. Bapia Tamiang

Baca Juga: Warga Riau Tewas dalam Kecelakaan di Jalinsum Medan-Kisaran

Ilustrasi Bapia Tamiang. [Akun IG tamiangbapia]
Ilustrasi Bapia Tamiang. [Akun IG tamiangbapia]

Bapia yang satu ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga kamu. Bakpia Tamiang sudah eksis sejak tahun 1990-an, wah tentu saja rasanya tak diragukan lagi.

Bakpia tamiang adalah kue kering yang terbuat dari tepung, air, dan diisi dengan macam-macam rasa. Kemudian adonan tersebut dicetak di-oven agar tahan lama. Bakpia Tamiang ini cocok jadi teman untuk ngopi.

2. Bolu Meranti

Ilustrasi Bolu Meranti.
Ilustrasi Bolu Meranti.

Pastinya nama kudapan Bolu Meranti sudah tak asing lagi didengar. Siapa sih yang tak tergoda dengan potongan kuenya yang lembut dan beraneka rasa?

Kue lembut yang digulung dan dibalutkan serutan keju itu banyak diburu oleh wisatawan. Kebanyakan orang menitip oleh-oleh khas Medan ini ketika kerabatnya sedang pulang ke Medan. Harganya pun pas dikantong, sesuai dengan kelezatan setiap gigitannya. Jangan lupa membawanya sebagai oleh-oleh ya foodies.

Baca Juga: Sedang Berlangsung, Live Streaming Sriwijaya FC Vs PSPS Riau

3. Sirup Buah Markisa

Ilustrasi Sirup Markisa. [medantourism.pemkomedan.go.id]
Ilustrasi Sirup Markisa. [medantourism.pemkomedan.go.id]

Tentunya setelah tenggorokan terasa serat karena makan kue, pastinya butuh minum dong. Nah, di Medan ada juga loh minuman yang tentunya menyegarkan, yakni sirup buah markisa. Sirup ini juga populer sebagai oleh-oleh khas Medan lho.

Rasanya yang manis dan segar, tak perlu lagi meragukan kualitas sirup markisa khas Medan. apalagi ketika diminum di siang bolong. Sudah menggiurkan belum? Produk ini menjadi unggulan di wilayah Berastagi.

4. Bika Ambon

Ilustrasi Bika Ambon.
Ilustrasi Bika Ambon.

Selain Bolu Meranti, oleh-oleh ini juga sering dititip oleh teman, saudara, pacar. Ya kan foodies? Bika Ambon sendiri dikenal sebaghai salah satu oleh-oleh khas Medan yang legendaris karena rasanya yang manis dan teksturnya kenyal dan berserat.

Foodies wajib menjadikan Bika Ambon sebagai oleh-oleh, karena rasanya enak dan mudah didapat. Bika Ambon terbuat dari adonan tepung, gula, santan. Rasa yang umum dijual yaitu pandan, kini tersedia juga rasa coklat, keju dan durian. Dijamin habis dalam sekejap deh!

5. Kacang Sihobuk

Ilustrasi Kacang Sihobuk. [ukmkotamedan.com]
Ilustrasi Kacang Sihobuk. [ukmkotamedan.com]

Sesuai dengan namanya oleh-oleh khas Medan ini berasal dari Sihobuk, Tarutung. Kualitas kacang yang baik dan gurih dapat memikat pecinta kacang.

Kacang Sihobuk merupakan kacang tanah yang sebelumnya direndam selama 3 jam hingga 5 jam kemudian dijemur dan disangrai dengan pasir. Kacang ini cocok dijadikan cemilan untuk menemani keseharian kalian.

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait