facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Makanan Khas Batak Lezat: Naniura, Tanggo-Tanggo Hingga Mie Gomok

Pebriansyah Ariefana Rabu, 17 November 2021 | 09:38 WIB

7 Makanan Khas Batak Lezat: Naniura, Tanggo-Tanggo Hingga Mie Gomok
Ikan Mas Naniura, makanan khas suku batak (dok. istimewa)

Menjadi suku bangsa terbesar di Indonesia, membuat batak memiliki warisan kuliner yang wajib untuk di coba.

SuaraBali.id - Makanan khas Batak bercita rasa nikmat dan lezat. Menjadi suku bangsa terbesar di Indonesia, membuat batak memiliki warisan kuliner yang wajib untuk di coba.

Makanan khas Batak sangat mudah ditemui di Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan sekitarnya.

Menu kuliner Batak juga terkenal dengan kesegaran ikannya. Karena dari hasil tangkapan langsung, sehingga masih segar saat dicicipi.

Berikut ini makanan khas batak bercita rasa nikmat dan lezat yang wajib dicoba.

Baca Juga: 5 Makanan khas Batak dengan Aroma Menggugah Selera, Mulai dari Saksang hingga Naniura

1. Naniura

Makanan khas Batak yang pertama yaitu naniura. Makanan ini disebut-sebut sebagau sushinya orang Batak. Karena berbahan dasar ikan yang dihidangkan mentah.

Naniura bisa dibuat dengan ikan mas, ikan nila atau pun ikan mujaer. Uniknya, ikan ini akan diberikan bumbu lengkap sehingga enak untuk disantap dalam keadaan mentah.

2. Saksang

Menu selanjutnya ini hanya bisa dinikmati oleh orang-orang tertentu. Karena berhan dasar daging babi atau daging anjing. Makanan ini dimasak dengan bumbu khusus dan proses memasaknya pun bisa dicampur dengan darah daging itu sendiri.

Baca Juga: 10 Masakan Khas Sumatera Utara, Pedas Kaya Rempah

Ciri khas makanan ini menggunakan andaliman yang menciptakan rasa panas pedas menggetarkan lidah.

3. Tanggo-Tanggo

Hampir sama dengan saksang, tanggo-tanggo juga berbahan dasar daging babi atau daging anjing. Yang membedakan kedua menu ini adalah ukuran potongan dagingnya. Untuk tanggo-tanggo lebih besar potongannya.

Sajian ini biasanya menggunakan hewan yang lebih muda untuk menciptakan tekstur masakan yang tidak terlalu keras, sehingga bumbu meresap dan daging lebih empuk.

4. Dali Ni Harbo

Dali Ni Harbo merupakan menu tradisional khas Batak yang sangat populer. Terbuat dari bahan dasar susu kerbau yang kemudian dimasak dengan bumbu khusus dan juga proses yang masih tradisional.

Makanan ini sekilas mirip dengan tahu, namun cita rasa asin dan gurihnya yang sangat khas tentu membuatnya terasa sangat berbeda dengan tahu.

5. Manuk Napindar

Ciri khas masakan ini adalah penggunaan buah andaliman sebagai bumbu pelengkap. Makanan ini menjadi menu favotrit wisatawan yang berkunjung.

Cara pembuatanyapun juga unik. Ayam dibakar dan kemudian dibumbui dan dicampurkan dengan darah segar ayam itu sendiri dengan proses kematangan yang pas.

6. Mie Gomok

Batak memiliki mie tradisional yaitu mie gomok. Mie gomak memiliki bentuk yang sangat mirip dengan spaghetti dan sangat mudah bisa kamu temukan di daerah Toba dan sekitarnya.

Mie gomok menjadi makanan khas Batak yang wajib dicoba. Aroma bumbu dan campuran irisan bawang goreng, santan dan andaliman membuat mie ini bercita rasa nikmat dan lezat.

7. Asik Nurung Mas

Arsik Nurung Mas merupkan masakan khas batak yang wajib dicoba. Berbahan dasar ikan mas, makanan ini memiliki cita rasa yang sangat lezat.

Pembuatannya berjam-jam, karena semua bumbu harus meresap dengan sempurna ke dalam ikan agar bau amisnya hilang. Makanan khas batak dengan rasa asin, asam dan pedas ini biasanya disajikan dengan sayuran pelengkap dan nasi hangat.

Itulah makanan khas Batak yang harus dicoba, soal rasa tidak perlu ditanya lagi sudah pasti nikmat dan lezat.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait