facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lezatnya Makanan Khas Bandung, dari Karedok hingga Colenak

Pebriansyah Ariefana Senin, 08 November 2021 | 15:37 WIB

Lezatnya Makanan Khas Bandung, dari Karedok hingga Colenak
Momen Ruben Onsu dan Sarwendah Masak Seblak [YouTube/The Onsu Family]

Makanan Bandung menjadi beragam berkat kreativitas warganya yang memadukan satu olahan dengan olahan lain.

SuaraBali.id - Bandung memang surganya bagi yang ingin berlibur, apalagi makanan khas Bandung. Selain tempat-tempat wisata yang keren, makanan khas Bandung juga beragam, dengan cita rasa khas Sunda.

Makanan Bandung menjadi beragam berkat kreativitas warganya yang memadukan satu olahan dengan olahan lain. Selain itu, prosesnya juga kadang bisa di balik, dari biasanya digoreng, jadi diberi kuah dan berlaku sebaliknya.

Kreativitas ini ternyata cukup diterima masyarakat. Makanan khas Bandung menjadi salah satu kuliner yang hadir di banyak kota, di luar Jawa Barat. Persebaran ini mirip dengan Makanan Khas Padang.

Berikut ini ada tujuh pilihan makanan khas Bandung yang bisa menjadi pilihan.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Jawa Barat, Semua Dijual di Pinggir Jalan, Apa Saja?

1. Karedok

Karedok merupakan makanan khas Bandung yang cukup terkenal. Karedok berbahan dasar sauran mental, seperti toge, kol, kacang panjang, terong, mentimun hingga daun kemangi, yang dilumuri dengan bumbu kacang.

Di kalangan masyarakat Bandung, Karedok juga disebut sebagai Salad Sunda. Makanan ini enak ketika disajikan bersama kerupuk, seperti halnya Gado-Gado atau Lotek. Tingkat pedasnya bisa disesuaikan dari jumlah lombok yang ada di bumbu kacang.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom merupakan salah satu makanan khas Bandung yang menggugah selera. Campuran nasi dengan oncom, ditambah berbagai lauk-pauk serta sayuran, membuat olahan ini memiliki cita rasa yang istimewa.

Baca Juga: 10 Makanan Kekinian 2021, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Ayam goreng, tahu dan tempe biasanya mencari teman yang cocok untuk menyantap Nasi Tutug Oncom. Dalam keadaan hangat, dengan sentuhan sambal pedas, Nasi Tutug Oncom cocok sebagai penambah energi, setelah berkeliling tempat wisata di Bandung.

3. Seblak

Siapa tak kenal dengan makanan khas Bandung yang bernama Seblak. Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk basah, yang diberi racikan bumbu cikur. Seblak kerap disajikan bersama makaroni, sosis hingga baso aci.

Seblak kini sudah hadir di berbagai kota, terutama wilayah Pulau Jawa. Namun tetap saja Seblak yang dinikmati langsung di Bandung terasa lebih mantap, dengan bumbu khas dan hawa sejuk Kota Kembang.

4. Batagor

Batagor merupakan salah satu makanan khas Bandung yang sudah menasional. Ada banyak penjaja Batagor dari Jawa Barat yang merantau ke pelosok Tanah Air. Tapi tetap saja, ketika ke Bandung, wajib hukumnya untuk menyantap Batagor.

Batagor tak hanya menghadirkan cita rasa manis, perpaduan bumbu kacang dan kecap. Batagor lebih fresh dengan tambahan perasan jeruk nipis. Selain goreng, kini sudah hadir pula batagor kuah, yang mirip dengan Pangsit Malang.

5. Cuanki

Bukan Bandung namanya jika tak mengembangkan makanan yang sudah ada. Ya, Cuanki merupakan salah satu modifikasi dari berbagai makanan. Cuanki berisi aci, siomay, baks, pangsit rebut, pangsit goreng, bakso goreng dan mie.

Cuanki ini mirip dengan Bakso Malang. Namun, terdapat perbedaan, dari cita rasa gurih khas masakan Sunda. Ketika berlibur atau sedang berada di Bandung, Cuanki wajib dicoba. Ada banyak sudut tempat di Bandung yang menawarkan Cuanki.

6. Surabi

Surabi merupakan makanan khas Bandung yang terbuat dari tepung beras. Surabi dibakar di atas mangkuk tanah. Rasa yang hadirkan tak hanya original, kini juga dipadukan dengan cokelat, keju hingga durian.

Surabi ini biasa disajikan dengan Kinca. Kinca merupakan sebutan dari gula merah cair. Surabi juga nikmat bila disantap dengan oncom. Surabi bisa di makan di tempat atau jadi oleh-oleh ketika mengunjungi Bandung.

7. Colenak

Colenak merupakan makanan khas Bandung yang menggunakan bahan dasar peuyeum atau tape singkong. Tape ini dibakar sebelum kemudian dilumuri dengan gula jawa dan parutan kelapa.

Rasa manis bercampur gurih menjadi ciri khas dari Colenak. Tak ada salahnya ketika Colenak menjadi salah satu tujuan kuliner ketika berkunjung ke Bandung. Ada banyak tempat di Bandung yang menyediakan Colenak.

Demikian tujuh makanan khas Bandung yang bisa jadi pilihan ketika berpergian ke Kota Kembang.

Kontributor : Lukman Hakim

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait