facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Putra Bali Made Janur Yasa Masuk Nominator CNN Heroes Satu-satunya dari Indonesia

Eviera Paramita Sandi Selasa, 02 November 2021 | 15:38 WIB

Putra Bali Made Janur Yasa Masuk Nominator CNN Heroes Satu-satunya dari Indonesia
Tangkap layar Made Janur Yasa Viral di Twitter

Seorang pria Bali bernama Made Janur Yasa masuk nominasi Top 10 CNN Heroes of the year. Ia merupakan satu-satunya orang Indonesia dari Pulau Dewata yang masuk nominasi

SuaraBali.id - Seorang pria Bali bernama Made Janur Yasa masuk nominasi Top 10 CNN Heroes of the year. Ia merupakan satu-satunya orang Indonesia dari Pulau Dewata yang masuk nominasi bergengsi ini.

Tak hanya masuk Top 10 CNN Heroes, Made Janur Yasa juga viral di twitter sampai hari ini, Selasa (2/11/2021). Sebuah akun twitter bernama @rebornblessing mengunggah foto Made Janur Yasa disertai ajakan untuk memberikan votes atau suara agar ia terplih menjadi pemenang.

Menurut pengunggah, bila menang, hasilnya akan digunakan untuk memperluas gerakannya bukan hanya di Bali, tapi sampai luar Bali.

Award ini didapatkan Made Janur Yasa atas perannya dalam aksi tukar plastik atau plastic exchange yang dilakukannya bersama komunitas peduli lingkungan dalam program Eduaksi atau edu-aksi bersama. Pria asal Tabanan ini mendapatkan nominasi karena dianggap berperan membantu dan mengedukasi masyarakat desa untuk menukarkan sampah plastik dengan beras.

Aksi yang dilakukannya ini sangat terasa saat pandemi covid-19 menyerang, dimana ratusan ribu masyarakat di Bali kehilangan pekerjaan. Mereka pun akhirnya kembali ke desanya masing-masing.

Dengan banyaknya orang yang kembali ke desa, maka sampah semakin menumpuk. Selain itu karena kehilangan pekerjaan mereka juga tak punya penghasilan hingga kelaparan.

"Saya harus berpikir, di dalam tantangan ada peluang," katanya seperti diberitakan CNN pada (27/10/2021). Ia pun memulai program dimana penduduk desa setempat dapat menukarkan sampah plastiknya dengan beras melalui sistem barter.

Tak hanya bermanfaat bagi lingkungan, sistem barter ini juga memberdayakan masyarakat setempat. Pada Mei 2020, ia menjadi tuan rumah aksi tukar sampah plastik dengan bahan makanan pokok pertama di desa tempat ia lahir dan dibesarkan.

Kegiatan itu berjalan sukses dan konsep itu dengan cepat menyebar ke desa-desa lain di Bali. Atas inisiatif proyek nirlabanya ini, lahirlah program plastic exchange.

Komentar Warganet

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait