alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mengenal 8 Jenis Tanaman Hias Monstera, Harganya Ada yang Capai Ratusan Juta

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 17 September 2021 | 15:26 WIB

Mengenal 8 Jenis Tanaman Hias Monstera, Harganya Ada yang Capai Ratusan Juta
Monstera Variegata (Unplash/Huy Pan)

Tanaman hias monstera menjadi peluang usaha yang cukup menggiurkan, yuk simak deretan jenisnya.

SuaraBali.id - Tanaman hias diminati banyak orang saat pandemi terjadi, terutama tanaman Monstera yang memiliki banyak jenisnya. 

Bahkan beberapa jenis tanaman monstera tertentu harganya capai ratusan juta lho. 

Beberapa saat lalu, pasangan asal Solo viral usai membeli dua tanaman hias jenis Monstera King Variegata dari lereng Gunung Lawu dengan harga Rp225 juta.

Pasangan yang diketahui bernama Ari Winanto (46) dan Sri Hastuti, (41) ini rela merogoh kocek ratusan juta karena Monstera itu dianggap istimewa. Alasannya karena memiliki lima tongkol yang siap mengeluarkan biji atau benih. Satu tongkol bisa mengeluarkan benih hingga seratus. Biji-biji tersebut bisa disemai agar tumbuh jadi tanaman.

Baca Juga: Cara Mudah Menanam dan Merawat Monstera Variegata, Pakai Metode Stek dan Ganti Pot Berkala

“Tongkolnya kalau disilangin, kalau keluar varigatanya warna pink, satu daun harganya bisa sampai ratusan juta rupiah, nanti bibitnya. Makanya yang jenis ini masih tergolong langka, banyak dicari kolektor berbagai negara,” kata Sri, dikutip dari Solopos --jaringan Suara.com.

Ia lantas memberi contoh, satu tanaman kecil Monstera Varigata dengan dua atau tiga daun bisa dihargai Rp15 juta.  Sehingga, Monstera King Varigata miliknya yang mempunyai lima tongkol memang pantas dihargai ratusan juta.

Selain itu menurut Sri tanaman miliknya mempunyai varigata atau corak berpola acak yang berkesan mewah.

Belakangan, hobi tanaman hias jadi pilihan banyak orang, khususnya tanaman monstera hingga jadi peluang usaha yang cukup menggiurkan.

Berikut jenis-jenis tanaman hias monstera yang dirangkun Solopos.com dari berbagai sumber,

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hias Monstera, Harganya Bisa Ratusan Juta!

1. Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa adalah jenis monstera yang paling popule. Tanaman ini mudah dikenali dengan daun yang besar, lebar dan berlubang menyerupai celah. Monstera Deliciosa kerap dijadikan dekorasi ruangan yang cantik dan segar ala tropikal.

Monstera Deliciosa (Unsplash/Kara)
Monstera Deliciosa (Unsplash/Kara)

Harga monstera deliciosa juga jauh lebih terjangkau dibanding janda bolong. Monstera deliciosa bisa didapat mulai dari hara Rp50.000 sampai Rp300.000.

2. Monstera Borsigniana

Monstera Borsigniana masih merupakan varietas turunan dari deliciosa. Meskipun penampilannya mirip dengan Monstera deliciosa, Monstera borsigiana berukuran lebih kecil.

Tanaman ini juga tumbuh lebih cepat jika memiliki kondisi pertumbuhan yang tepat. Tanaman dewasa biasanya membentuk dua baris celah yang rapi. Sementara celah daun deliciosa lebih berliku.

Monstera Borsigniana juga memiliki harga yang tak jauh berbeda dari Monstera Deliciosa. Tanaman hias ini bisa didapat mulai dari Rp70.000 sampai Rp700.000.

3. Monstera Obliqua

Monstera Obliqua adalah jenis monstera yang mungkin paling mudah ditemui. Monstera Obliqua dikenal juga sebagai janda bolong.

Monstera Obliqua juga kerap disamakan dengan jenis Monstera Adansonii. Meski sekilas nampak mirip, Monstera Obliqua memiliki daun yang lebih tipis dan lubang yang lebih banyak. Lubang di daun ini bisa memakan sekitar 90% daun.

Monstera Obliqua keturunan yang baik atau bukan persilangan bisa dihargai hingga jutaan rupiah.

4.Monstera Adansonii

Monstera Adansonii merupakan variets monstera yang lebih terjangkau dibading Obliqua karena bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Varietas ini sedikit lebih kecil dari deliciosa.

Monstera Adansonii cukup mudah ditemukan. Namun, jenis janda bolong ini kerap salah dilabeli sebagai monstera obliqua. Harga Monstera Adansonii dipatok mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

5. Monstera Variegata

Jenis Monstera Variegata bukan jenis tanaman terpisah melainkan variasi warna. Monstera Variegata merupakan salah satu jenis Monstera dengan harga fantastis.

Tanaman ini bisa memiliki variasi warna antara corak putih atau krem serta berwarna hijau. Tanaman ini cenderung lebih sulit ditemukan dan karenanya jauh lebih mahal.

Monstera Variegata (Unplash/Huy Pan)
Monstera Variegata (Unplash/Huy Pan)

Monstera Variegata juga dikenal sebagai konstelasi Thailand ini berasal dari mutasi genetik. Mutasi yang indah ini dapat memengaruhi spesies Monstera yang berbeda.

6.Monstera Pinnatipartita

Monstera yang satu ini memiliki khas daun yang sangat besar dan mengkilap, tetapi cenderung menumbuhkan celah panjang, bukan lubang yang mengarah ke tepi daun. 

Monstera pinnatipartita berasal dari hutan hujan Amerika Selatan di Kolombia, Ekuador, dan Peru. Jenis monstera ini sedikit lebih sulit ditemukan, sehingga harganya juga cukup mahal.

7.Monstera Dubia

Monstera Dubia memiliki ciri daun yang sangat kecil berbentuk hati dengan warna hijau tua dan hijau muda. Monstera Dubia tumbuh seperti tanaman merambat dengan batang dan daun yang lebih pendek.

Monstera dubia adalah spesies tumbuhan dalam genus Monstera yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini cukup unik karena mudah merambat di tembok.

Monstera Dubia juga termasuk jenis monstera yang sulit ditemukan. Harganya bisa mencapai belasan juta rupiah.

8. Monstera Siltepecana

Varietas terakhir ini memiliki daun besar berbentuk tetesan air mata dengan lubang-lubang kecil yang terkonsentrasi di sekitar urat tengah. Monstera Siltepecana seringkali berwarna lebih terang daripada monstera lainnya.

Monstera Siltepecana (Unsplash/Brina Blum)
Monstera Siltepecana (Unsplash/Brina Blum)

Sama seperti jenis dubia, harga Monstera Siltepecana juga cukup tinggi. Monstera Siltepecana bisa dihargai mulai dari Rp1 juta hingga Ratusan juta.

(M Nurhadi)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait