alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wisata Bali: Kisah Pura Ntegana Abiansemal Badung yang Dijaga Pasukan Tak Kasat Mata

RR Ukirsari Manggalani Kamis, 22 Juli 2021 | 21:54 WIB

Wisata Bali: Kisah Pura Ntegana Abiansemal Badung yang Dijaga Pasukan Tak Kasat Mata
[beritabali/ist/Pura Ntegana di Desa Adat Tegal, Abiansemal, Badung].

Mulai nunas kelancaran karir hingga kesembuhan, peziarah mengalir ke sini.

SuaraBali.id - Setiap pura di Pulau Dewata memiliki kisah-kisah sendiri yang unik, seru, sampai menawan hati. Membuat wisatawan dan peziarah tidak pernah surut datang. Kesamaannya, tempat-tempat ini memberikan berkah baik sekala maupun niskala bagi warga desa setempat.

Dikutip dari BeritaBali.com, jaringan SuaraBali.id, Pura Ntegana di Desa Adat Tegal, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung diperkirakan sebagai peninggalan zaman Purbakala.

Krama setempat meyakini bagi warga yang bersembahyang di sini akan diberi berkah. Mulai memperlancar karir dalam pekerjaan, sampai kesembuhan bagi krama menderita sakit.

Buktinya bisa disimak dari sejumlah krama baik di sekitar desa maupun di luar desa yang merasakan anugerahnya.

Baca Juga: Buat Padanan Rolls-Royce Black Badge, Tersedia Paket Tas Escapism Luggage Collection

"Ya, memang ada saja beberapa krama tangkil guna memohon mulai dari kelancaran dalam karir, misalnya dalam Pemerintahan," ungkap Mangku Pura Ntegana, Sigede Made Suka, Minggu (18/7/2021).

Ia menyebutkan, beberapa krama tangkil nunas kesembuhan dari sakit menahun yang tidak kunjung sembuh, akhirnya dianugerahi kesembuhan.

"Ada sebelumnya salah satu krama di desa menderita sakit kanker payudara dan telah diderita lama. Dengan penuh keyakinan dirinya tangkil dan memohon penugrahan berupa tirta, setelah beberapa lama akhirnya krama tersebut sembuh dari sakit dideritanya sampai saat ini," paparnya.

Ia mengingatkan jika ada krama nunas kesembuhan dari sakit, biasanya untuk sementara tidak makan daging babi maupun daging sapi.

Mangku Suka merekomendasikan krama yang berkeinginan tangkil lebih baik datang pada rahinan Bali seperti Purnama maupun Kajeng Kliwon dengan membawa Pejati bagi krama yang baru tangkil.

Baca Juga: VW Passat 2022 Limited Edition, Produk Pemungkas dari Chattanooga

Menariknya, dari keterangan Penyarikan Pura Ntegana, I Nyoman Arka menuturkan di areal jaba Pura secara tidak kasat mata dijaga 80 ribu pasukan yang belum diketahui pasti wujudnya.

"Biasanya puluhan ribu pasukan dengan atributnya itu muncul, jika di desa dalam kondisi tidak kondusif, baik terkait serangan wabah maupun hal-hal lainya secara sekala maupun niskala," jelasnya.

Keberadaan pasukan itu juga diyakini krama desa sebagai penjaga areal pura serta wewengkon Desa Adat Tegal, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait