alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wisata Bali: Sejukkan Jiwa dengan Melukat di Taman Beji Pura Dalem Sari

RR Ukirsari Manggalani Selasa, 29 Juni 2021 | 20:42 WIB

Wisata Bali: Sejukkan Jiwa dengan Melukat di Taman Beji Pura Dalem Sari
Taman Beji Pura Dalem Sari [BeritaBali.com].

Datang ke pancuran ini mampu menghadirkan kesejukan dan ketenangan.

SuaraBali.id - Melukat adalah upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual yang dilakukan sejak berabad lampau oleh umat Hindu. Biasanya berlangsung di pancuran berkekuatan magis dan mampu memberikan kesembuhan.

Dikutip dari BeritaBali.com, jaringan SuaraBali.id, salah satu lokasi melukat adalah Taman Beji Pura Dalem Sari. Berlokasi di wilayah atau wewidangan Banjar Gaduh, Desa Adat Abianbase, Badung atau kurang lebih 1,5 km ke selatan dari Rumah Sakit Kapal, Badung.

Pancuran ini diyakini memiliki kekuatan magis serta mampu memberi ketenangan saat diri dihampiri kekalutan pikiran. Baik itu pikiran karena menghadapi permasalahan maupun kalut disebabkan faktor magis.

"Banyak krama nunas tirta pengelukatan di pancoran ini pada hari-hari tertentu," jelas Kelian dan Pengempon Pura Dalem Sari, I Ketut Muliadi, Minggu (27/6/2021) di lokasi.

Baca Juga: Seru Bersama Porsche 911 GTS Baru, Silakan Menyapa, "Hey, Porsche"

Tirta pengelukatan ini digunakan bagi krama sane kepetengan utawi lingung yang akhirnya nunas tirta pengelukatan di Taman Beji Pura Dalem Sari.

Keberadaan pancuran sebelumnya berada di areal hamparan persawahan dan tepat berada di sisi aliran Tukad Yeh Poh. Biasanya krama yang tangkil dan memohon kesembuhan menghaturkan canang, bahkan ada yang membawa Peras Ajengan Daksina dihaturkan sendiri di Taman Beji Pura Dalem Sari.

Baca Juga

Berita Terkait