alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Persamaan Agama Hindu dan Buddha, Jarang Diketahui

Pebriansyah Ariefana Rabu, 26 Mei 2021 | 10:46 WIB

Persamaan Agama Hindu dan Buddha, Jarang Diketahui
Persamaan agama Hindu dan Buddha

Dalam pembahasan sejarah Hindu dan Buddha sering dikaitkan. Namun dua agama ini banyak mempunyai perbedaan dan persamaan.

SuaraBali.id - Persamaan agama Hindu dan Buddha. Hindu dan Buddha adalah agama yang pertama kali masuk di Indonesia sebelum Islam dan Kristen. Buddha pun agama paling tua di dunia.

Dalam pembahasan sejarah Hindu dan Buddha sering dikaitkan. Namun dua agama ini banyak mempunyai perbedaan dan persamaan.

Dalam situs Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin dijelaskan persamaan dan perbedaan agama Hindu dan Buddha.

Agama Hindu dan Buddha merupakan satu rumpun agama dan berasal dari daerah yang sama, yaitu India. Sehingga memiliki corak, budaya serta ritual keagamaan yang terkandung dalam kedua agama ini memiliki beberapa persamaan, tidak aneh kalau samadhi merupakan salah satunya.

Baca Juga: Cara Umat Buddha Merayakan Waisak di Berbagai Negara

Samadhi merupakan salah satu ritual khusus yang ada dalam agama Hindu dan Buddha, yang bertujuan untuk mencapai ketenangan batin dan kebahagiaan dengan cara memusatkan pikiran dan perasaan.

Lebih lanjut samadhi dinilai merupakan unsur penting baik dalam agama Hindu maupun Buddha, disebabkan dalam kedua agama ini samadhi adalah ritual keagamaan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu yakni mendekatkan diri kepada Tuhan yang dalam agama Hindu disebut dengan moksha sedangan dalam agama Buddha dikenal dengan istilah Arahat.

Umat Buddha merayakan Waisak 2562 BE/2018 di Wihara Ekayana Arama, Jakarta, Selasa (29/5).
Umat Buddha merayakan Waisak 2562 BE/2018 di Wihara Ekayana Arama, Jakarta, Selasa (29/5).

Samadhi berasal dari bahasa sankerta yang terdiri dari kata “sam” yang berarti kumpulan, persamaan, gundukan, timbunan. Dan “dhi” yang berarti pikiran, ide-ide atau budi. Secara etimologi samadhi berarti pemusatan atau kumpulan pikiran yang ditujukan pada objek tertentu, dalam hal ini pemusatan pikiran ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Samadhi baik dalam agama Hindu maupun agama Buddha juga memiliki tujuan lainnya disamping tujuan utama untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, yaitu: menumbuhkan kemurnian hati, membebaskan diri dari karma buruk, membebaskan diri dari keterikatan dengan dunia lahiriah, memutus roda keserakahan, kebodohan, dan penderitaan, menghancurkan kekotoran batin, menguatkan mental dan jasmani, mengikis ego, kesombongan dan keinginan jahat.

Selain itu terdapat pula manfaat yang dapat dirasakan secara langsung oleh meditator/pelaku samadhi diantara lain: Meredam amarah, menenangkan pikiran, melepaskan kepenatan, mengatasi kegelisahan, menghilangkan keraguan dan kebingungan, membantu konsentrasi untuk memecahkan masalah serta masih banyak manfaat lainnya yang dapat
diperoleh dengan cara meditasi.

Baca Juga: Apa Arti 2565 BE di Hari Raya Waisak?

Dari penjelasan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa pada intinya samadhi selain bertujuan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa juga memiliki fungsi yang bertujuan untuk mengikis serta menghapus sifat-sifat negatif yang ada pada diri manusia dan menumbuh kembangkan sifat-sifat positif yang berguna baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar meditator.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait