alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sosok Penny Williams, Duta Besar Australia Wanita Pertama untuk Indonesia

Pebriansyah Ariefana Kamis, 15 April 2021 | 02:05 WIB

Sosok Penny Williams, Duta Besar Australia Wanita Pertama untuk Indonesia
Penny Williams. (Wikipedia)

Penny Williams menggantikan Gary Quinlan yang sudah mengisi jabatan itu sejak 2018.

SuaraBali.id - Penny Williams menjadi Duta Besar Australia wanita pertama untuk Indonesia. Penny Williams ditunjuk Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne.

Penny Williams menggantikan Gary Quinlan yang sudah mengisi jabatan itu sejak 2018.

Sebelum menjadi Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams adalah pejabat karier senior di Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT). Baru-baru ini ia ditunjuk jadi Deputy Secretary di Departemen.

Duta Besar wanita pertama Australia untuk Indonesia ini pernah menjabat sebagai Duta Besar Australia untuk Malaysia dan merupakan Duta Besar Australia pertama untuk Perempuan dan Anak Perempuan.

Baca Juga: Kata Diplomat soal Ibu Kota Indonesia Akan Pindah, Bukan Lagi di Jakarta

"Hari ini saya mengumumkan penunjukan Ibu Penny Williams PSM sebagai Duta Besar Australia untuk Indonesia," demikian keterangan tertulis Menlu Marise Payne, Rabu (14/4/2021).

"Ibu Penny fasih berbahasa Indonesia dan memiliki gelar Bachelor of Asian Studies (Honours) dengan fokus pada Indonesia dan Magister Antropologi Terapan dan Pembangunan Partisipatif."

Australia menyebut hubungannya dengan Indonesia sebagai salah satu kemitraan terpenting, didukung oleh Kemitraan Strategis Komprehensif 2018 yang diinisiasi pemerintahan Perdana Menteri Morrison.

"Bersama-sama kita berkontribusi pada forum regional dan global, mengelola salah satu batas maritim terpanjang di dunia, serta memerangi terorisme dan kejahatan transnasional."

Australia dan Indonesia juga bekerja sama untuk menanggapi tantangan kesehatan, kemanusiaan, dan ekonomi yang ditimbulkan oleh Covid-19.

Baca Juga: Percakapan WA Bocor, Menlu Retno Panggil Dubes Australia

"Indonesia adalah mitra penting bagi program pembangunan kami dan Inisiatif Vaksin Indo-Pasifik, di mana kami mendukung akses vaksin COVID-19 yang aman dan efektif."

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait