alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dampak Pandemi, untuk 2021 Indonesia Belum Buka Penerbangan Internasional

RR Ukirsari Manggalani Rabu, 03 Maret 2021 | 22:02 WIB

Dampak Pandemi, untuk 2021 Indonesia Belum Buka Penerbangan Internasional
Ilustrasi bandara (Shutterstock)

Tanpa penerbangan internasional, wisatawan dalam negeri akan didorong menjadi game changer.

SuaraBali.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan jalur penerbangan internasional belum bisa dibuka tahun ini.

"Indonesia tidak bisa membuka dengan komunitas internasional. Sekarang ada travel bubble yang merupakan persetujuan bilateral," paparnya, Selasa (2/3/2021), sebagaimana dikutip dari BeritaBali.co.id, jaringan SuaraBali.id.

Airlangga Hartarto menyatakan bahwa pembukaan jalur internasional saat ini bersifat terbatas. Hanya ditujukan kepada warga negara Indonesia dengan tujuan tertentu maupun perjalanan esensial.

Kemudian, dalam rangka mendorong sektor pariwisata, Pemerintah mengandalkan wisatawan domestik yang merujuk pada aturan protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan.

Baca Juga: Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Mengalami Penyusutan Penumpang

Lebih lanjut disebutkan bahwa seiring program vaksinasi untuk mencapai herd immunity, Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa pemerintah tengah menyiapkan paket kebijakan untuk sektor pariwisata.

"Wisatawan domestik menjadi PR dan kami berharap program vaksinasi bisa mencapai herd immunity di pertengahan tahun dengan 70 juta orang divaksin. Itu akan menjadi game changer juga di sektor pariwisata," jelasnya.

Lebih detail, kebijakan di sektor pariwisata juga meliputi dukungan terhadap hotel, restoran, serta kafe.

"Kami sedang mengerjakannya. Kami akan membuat solusi agar operasionalisasi di sektor itu tidak terlalu rumit. Saat ini sedang ditinjau pemerintah," jelas Airlangga Hartarto.

Baca Juga: TPA Sente Klungkung Bali Overload, Diimbau Pembuatan TOSS di Tiap Desa

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait