alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bisakah Virus Corona Menular Lewat Sperma dan Hubungan Seksual?

M. Reza Sulaiman | Shevinna Putti Anggraeni Senin, 28 Desember 2020 | 13:17 WIB

Bisakah Virus Corona Menular Lewat Sperma dan Hubungan Seksual?
Sperma laki-laki. [Pixabay]

Varian baru virus Corona memunculkan diskusi terkait metode penularan baru. Apakah virus Corona bisa menular lewat hubungan seksual dan sperma?

SuaraBali.id - Varian baru virus Corona memunculkan diskusi terkait metode penularan baru. Apakah virus Corona bisa menular lewat hubungan seksual dan sperma?

Sebelumnya, penelitian dalam dalam jurnal JAMA Network Open telah mendeteksi virus corona Covid-19 dalam air mani. Virus corona Covid-19 ini bisa menjangkau jauh bagian dalam tubuh, yakni paru-paru, jantung, ginjal, hati, saluran cerna hingga air mani laki-laki.

Penelitian yang dilansir dari Live Science ini melibatkan peserta yang terdiri dari 38 laki-laki di Shangqiu, China yang telah dites dan dinyatakan positif Covid-19.

Mereka adalah laki-laki yang masih menderita gejala Covid-19 atau yang baru saja dinyatakan sembuh. Para peserta diminta memberikan air maninya sebagai bahan analisis dokter untuk memeriksa terdapat kandungan virus corona Covid-19 atau tidak.

Baca Juga: Akibat Terinfeksi Virus Corona Covid-19, Balita 3 Tahun Alami Stroke

Hasilnya, penelitian menemukan virus dalam sperma p6 peserta atau sekitar 16 persen dari total peserta yang ikut penelitian. Datri 6 peserta itu, 4 di antaranya masih dinyatakan positif virus corona dan 2 lainnya baru saja dinyatakan sembuh.

Meski penelitian ini berhasil menemukan adanya virus corona dalam air mani. Tapi, peneliti ini tidak bisa membuktikan virus dalam air mani bisa menular ke orang lain lewat hubungan seks atau tidak.

"Ini adalah temuan yang menarik tetapi harus dikonfirmasi lagi bahwa adakah virus yang bisa menularkan dalam kandungan air mani," ujar Dr. Stanley Perlman, Profesor Mikrobiologi, Imunologi, dan Pediatri University of Lowa.

Meski begitu, para ilmuwan juga tidak bisa mengabaikan risiko penularan virus corona Covid-19 melalui air mani. Profesor Allan Pacey, ahli andrologi di University of Sheffield dan mantan ketua British Fertility Society juga mengatakan pria perlu waspada karena virus corona bisa memengaruhi kesuburan mereka.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Mesum dengan Nakes di Ruang Karantina RSD Wisma Atlet

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait