alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

3 Manfaat Kayu Manis, Salah Satunya Mengatasi Bau Mulut

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Jum'at, 25 Desember 2020 | 13:23 WIB

3 Manfaat Kayu Manis, Salah Satunya Mengatasi Bau Mulut
Ilustrasi kayu manis. (shutterstock)

Kayu manis memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mungkin masing jarang diketahui banyak orang.

SuaraBali.id - Kayu manis yang dikenal wangi ternyata tak hanya bisa menyedapkan makanan, tapi juga menyehatkan. Oleh karena itu, tak usah ragu menambahkan kayu manis pada hidangan Anda. 

"Baik diambil dalam bentuk kulit kayu murni, minyak esensial, bubuk, atau sebagai suplemen, kayu manis adalah antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, peningkat kekebalan dan memiliki potensi antikanker dan kemampuan melindungi penyakit jantung," ungkap konsultan nutrisi holistik dan pendiri Gut of Integrity, Stephanie Papadakis pada Bustle.

Melansir dari Bustle, inilah beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah 

Baca Juga: Nasi Tingkatkan Kadar Gula Darah Setara Gula, Cocok Jadi Makanan Pokok?

Kayu manis mampu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kepekaan hormon insulin yang membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah.

"Ini karena kayu manis bisa membantu memblokir aktivitas beberapa enzim pencernaan untuk memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah," ujar Papadakis.

2. Mempercepat Metabolisme

Beberapa orang percaya bahwa kayu manis bisa mempercepat metabolisme atau mengubah bahan bakar menjadi energi. Meski begitu, Papadakis menyatakan bahwa tidak ada penelitian yang mendukung klaim bahwa kayu manis mempercepat metabolisme.

"Kesimpulan tersebut, mungkin diambil dari fakta bahwa kayu manis dapat menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah Anda," tuturnya. 

Baca Juga: Menyehatkan, Simak 5 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara

Kayu manis (Pixabay/Daria-Yakovleva)
Kayu manis (Pixabay/Daria-Yakovleva)

3. Melawan Bakteri Termasuk Bakteri Bau Mulut

Kayu manis juga bisa menjadi penyegar napas alami dengan sifat antibakterinya. Sifat antibakteri dan antimikroba kayu manis juga akan membantu melindungi kulit dari semua jenis iritasi, termasuk ruam, reaksi alergi, dan infeksi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait