Pebriansyah Ariefana
Suasana kawasan Wisata Candi Prambanan yang tutup di Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (20/6/2021). [ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah]

SuaraBali.id - Wisata Candi Di Indonesia apa saja ya? Jika berbicara tentang Candi, pastinya teringat dengan Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Tempat tersebut memang sudah populer bahkan hingga ke seluruh dunia, karena kemegahannya. Namun, selain Candi Borobudur dan Candi Prambanan, ternyata masih banyak lagi wisata Candi di Indonesia.

Sebagai informasi, Indonesia memiliki sejarah yang sangat banyak dan memiliki peninggalan-peninggalan bersejarah salah satunya adalah Candi. 

Candi sendiri merupakan istilah dalam bahasa Indonesia yang merujuk kepada sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Budha.

Baca Juga: Bertemu Sri Sultan HB X di Prambanan, Ridwan Kamil Curhat Mengenai Pertengkaran Bangsa

Sedangkan di Indonesia, Candi dapat ditemukan di Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan. Akan tetapi Candi paling banyak ditemukan di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Nah, Bagi anda yang masih belum tahu banyak tentan wisata candi di Indonesia, simak penjelasan berikut ini sampai selesai.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur saat One Day Tour VW Ride Borobudur Magelang. (Suara/Hiromi)

Pastinya candi yang satu ini sudah taka sing lagi ya? Ya, Candi Borobudur sudah sangat populer karena kemegahannya. Candi Borobudur ini terdapat di Kota Magelang Jawa Tengah. 

Untuk diketahui, Candi Borobudur memiliki bangunan yang terbentuk dari stupa-stupa pada abad ke-8. Candi ini terkenal akan Kental agama Budhanya, karena pada jaman itu, banyak sekali warga yang menganut agama budha Mahayana.

Baca Juga: Borobudur Marathon 2021 Digelar Dengan Prokes Ketat, Ganjar Apresiasi Penyelenggara

Oleh karena itu Candi Borobudur hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat budha, terutama pada hari besar umat budha. 

Sayangnya, bangunan Candi Borobudur banyak mengalami kerusakan yang diakibatkan aktifnya gunung berapi, sehingga banyak bangunan yang diganti.

2. Candi Prambanan

Pekerja menyapu kawasan Wisata Candi Prambanan yang tutup di Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (20/6/2021). [ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah]

Candi Prambanan merupakan salah satu wisata Candi di Indonesia yang letaknya berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Candi ini dikenal akan legenda roro jonggrang yang sangat masyur dalam ingatan masyarakat. 

Untuk diketahui, Candi Prambanan ini di bangun pada adab 850 Masehi, sebagai persembahan tiga dewa utama umat hindu, candi prambanan juga sebagai tempat peribadatan umat hindu pada jaman dahulu hingga sekarang, bahkan luas bangunan candi ini terus dikembangkan pada saat kerajaan mataram oleh maha sabu, sehingga prambanan memiliki daya pikat tersendiri bagi parea pengunjungnya.

3. Candi Sojiwan

Wisata candi di Indonesia selanjutnya adalah Candi Sojiwan. Camdi Sojiwan tak kalah menarik dengan candi lainnya seperti Borobudur atau Prambanan. 

Candi Sojiwan merupakan candi Buddha yang terletak di Desa Kebon Dalem Kidul, Klaten, Jawa Tengah. Candi ini letaknya kurang lebih hanya dua kilometer dan candi prambanan. Setiap tahunnya candi ini menggelar event budaya, yaitu festival candi Sojiwan.

4. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan candi peninggalan Hindu yang ada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya, di komplek Candi Gedong Songo terdapat Sembilan buah candi.

Lokasinya yang berada di lereng Gunung Ungaran, menjadikan candi ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah disekitarnya. 

Komplek Candi Gedong Songo ini juga dilengkapi dengan objek wisata lainnya seperti pemandian air pana dari mata air yang mengandung belerang, wisata berkuda dan juga area perkemahan.

Salah satu event atau acara yang diadakan di komplek ini adalah perayaan pergantian tahun atau Tahun Baru. 

Pada malam pergantian tahun di komplek Candi Gedong Songo selalu dimeriahkan dengan hujan kembang api. Pada saat itu, kawasan wisata Candi akan dibuka untuk umum lebih lama.

5. Candi Arjuna

Candi Arjuna merupakan salah satu candi Hindu yang terletak di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Meskipun event yang diadakan di Candi Arjuna tidak sebanyak di Pramabanan maupun Borobudur, namun ada satu event yang sangat terkenal di Indonesia, Yakni Dieng Culture Festival.

Event ini merupakan prosesi adat pemotongan rambut gimbal. Setiap tahunnya, perayaan ini mendatangkan puluhan ribu pengunjung yang ingin melihat secara langsung ritual adat tersebut/ tak hanya ritual adat saja, pada event ini juga menampilkan acara lain seperti hiburan panggung music dan penerbangan lampion.

6. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang merupakan salah satu candi yang ada di Indonesia, letaknya berada di Garut, Jawa Barat. Candi ini pertama kali ditemukan di Tatar Sunda serta merupakan satu-satunya Candi Hindu di Tatar Sunda. 

Candi ini bersebelahan dengan makam Mbah Dalem Arief Muhammad, sebuah makam kuno pemuka agama Islam yang dipercaya sebagai leluhur penduduk Desa Cangkuang.

Nama dari candi ini diambil dari nama desa tempat candi ini berada. Selain itu, candi Cangkuang terdapat di sebuah pulau kecil di tengah danau Cangkuang. 

Bangunan candi Cangkuang yang sekarang merupakan hasil dari pemugaran yang diresmikan pada tahun 1987, bangunan asli candi ini hanya sekitar 40 persen. Sehingga bentuk asli candi Cangkuang ini tidak diketahui.

7. Candi Cetho

Wisata candi di Indonesia berikutnya yakni Candi Cetho, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini bercorak agama Hindu yang diduga dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit. 

Candi ini berada di lereng Gunung Lawu, pada ketinggiann 1490 m diatas permukaan laut. 

Kompleks Candi ini digunakan oleh penduduk setempat dan juga peziarah yang beragama Hindu sebagai tempat pemujaan, selain itu Candi ini juga merupakan tempat pertapaan bagi kalangan penganut kepercayaan asli jawa atau Kejawen.

8. Candi Dieng

Candi ini merupakan candi Hindu pada abad ke-7 yang terletak di dataran tinggi Dieng. 

Dataran tinggi ini adalah tempat berdirinya delapan candi Hindu kecil yang merupakan salah satu bangunan keagamaan tertua yang masih bertahan yang pernah dibangun di Jawa. Candi ini berada di Wonosobo, Jawa Tengah.

9. Candi Gunung Sari

Candi Gunung Sari merupakan candi Hindu Siwa yang ada di puncak Bukit Sari yang lokasinya tak jauh dari Candi Gunung Wukir. Candi Gunung Sari ini diduga merupakan peninggalan abad ke-6 hingga ke-8 yang membuatnya menjadi Candi tertua di tanah Jawa, lebih tua dari Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Lokasi Candi ini berada di Dusun Gunungsari, Desa Gulon, Magelang, Jawa Tengah.

10. Candi Gunung Wukir

Candi ini berada di atas bukit Wukir yang oleh masyarakat sekitar disebut Gunung Wukir. Candi ini merupakan candi tertua yang dapat dihubungkan dengan angka tahun. 

Berdasarkan prasasti Canggal yang ditemukan pada tahun 1879 di reruntuhan, candi ini didirikan pada saat pemerintahan Raja Sanjaya dari jaman Kerajaan Mataram Kuno yaitu tahun 732 Masehi. 

Bangunan candi ini terbuat dari jenis batu andesit setidaknya terdiri dari satu candi induk dan tiga candi perwara. Di komplek candi ini tak hanya ada prasasti saja namun juga lingga yoni dan arca lembu (Nandi). Lokasi candi ini berada di Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah.

Nah. Itulah tadi wisata candi di Indonesia yang menarik dan unik.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Komentar