facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Manfaat Kacang Kedelai: Mencegah Pikun Hingga Munculnya Penyakit Kronis

Risna Halidi Rabu, 29 Desember 2021 | 19:10 WIB

Manfaat Kacang Kedelai: Mencegah Pikun Hingga Munculnya Penyakit Kronis
Ilustrasi kacang kedelai

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang kedelai seberat 100 gram:

SuaraBali.id - Manfaat kacang kedelai. Kacang kedelai merupakan bahan pangan yang bisa diolah menjadi aneka makanan. Jika rajin mengonsumsinya, maka Anda diharapkan akan mendapatkan manfaat kacang kedelai untuk kesehatan tubuh.

Olahan kacang kedelai bisa ditemukan di beberapa makanan, diantaranya tempe, tahu, tepung, susu, tauco, kecap asin dan lain-lain.

Tanaman polong-polongan ini mempunyai berbagai jenis warna kulit bijinya, diantaranya kedelai hijau, kuning, hitam dan cokelat.

Olahan makanan dari kacang kedelai memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, sebab banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, kacang kedelai dikenal sebagai makanan sehat.

Baca Juga: Berbahan Alami, Pigeon Luncurkan Natural Botanical Baby untuk Kesehatan Kulit Bayi

Ilustrasi susu kedelai (Pexels/Polina Tankilevitch)
Ilustrasi susu kedelai (Pexels/Polina Tankilevitch)

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang kedelai seberat 100 gram:

  • Air: 20 gram
  • Energi: 286 Kalori (Kal)
  • Protein: 30,2 gram
  • Lemak: 15,6 gram
  • Karbohidrat: 30,1 g
  • Serat: 2,9 gram
  • Kalsium: 196 miligram
  • Fosfor: 506 miligram
  • Zat besi: 6,9
  • Natrium: 28 miligram
  • Kalium: 870,9 miligram
  • Seng: 3,6 miligram
  • Karoten: 95 mcg
  • Thiamin (vitamin B1): 0,93 miligram
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,26 miligram

Berikut mafaat kacang kedelai yang bisa didapatkan saat mengonsumsinya:

1. Menjaga kesehatan tulang
Kecang kedelai berfungsi untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sebab kacang kedelai salah satu sumber kalsium, protein dan antioksidan isoflavon. Jika dikonsumsi rutin bisa mengurangi risiko osteoporosis pada tulang lansia.

2. Menurunkan kolestrol
Kacang kedelai mempunyai kandungan serat dan lemak sehat yang tinggi. Sehingga bisa mengurangi kadar kolesteol jahat LDL dan meningkatkan kolestrol baik HDL. Dengan begitu bisa mencegah penyakit jantung dan stroke.

3. Memelihara kesehatan organ tubuh
Beberapa manfaat yang didapatkan dari kacang kedelai diantaranya menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, otak, ginjal dan mencegah penyumbatan darah.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Utama Rambut Mudah Rontok

Hal ini karena kacang kedelai memiliki kalium, protein, lemak sehat dan antioksidan. Sehingga organ tubuh bisa berfungsi baik.

4. Meringankan gejala menopause
Menopause merupakan berakhirnya siklus menstruasi. Biasanya wanita merasakan gejala sering pusing, mudah berkeringat, vagina kering, sulit tidur dan lain-lain. Dengan mengonsumsi kacang kedelai, bisa meringankan gejala itu, karena mengandung fitonutrien.

kedelai, kacang kedelai. (Elements/Envato)
kedelai, kacang kedelai. (Elements/Envato)

5. Mencegah demensia
Jika rutin mengkonsumsi kacang kedelai, bisa memelihara fungsi otak dan meningkatkan memori. Sehingga bisa mencegah demensia atau pikun.

6. Mengurangi risiko kanker
Kandungan fitonutrien dan antioksidan isoflavon dalam kacang kedelai bisa mengurangi risiko terpapar kanker, diantaranya kanker prostat dan kanker payudara.

7. Kaya asam amino esensial
Asam amino esensial dibutuhkan oleh tubuh manusia, namun tidak bisa memproduksinya sendiri. Maka dibutuhkan asupan tambahan makanan, salah satunya kacang kedelai. Selain itu juga bisa sebagai asupan protein yang baik.

Meski banyak manfaat yang didapatkan dari kacang kedelai, kamu masih tetap harus mengonsumsi makanan sehat lainnya. Selain itu juga harus rajin olahraga. Sehingga kesehatan bisa didapatkan secara maksimal.

Demikian penjelasan mengenai manfaat kacang kedelai. Cukup banyak, kan? Pastikan kamu rutin mengonsumsi makanan ini untuk kesehatan.

Kontributor : Muhammad Aris Munandar

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait