facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cafe Racer, Sejarah, Ciri Khas, Hingga Daftar Motor dengan Style Ini

Nur Afitria Cika Handayani Sabtu, 18 Desember 2021 | 17:00 WIB

Cafe Racer, Sejarah, Ciri Khas, Hingga Daftar Motor dengan Style Ini
Motor bergaya cafe racer dari Norton (Visordown)

Cafe racer merupakan salah satu aliran modifikasi dan style motor yang ada di berbagai negara.

SuaraBali.id - Cafe racer merupakan salah satu aliran modifikasi dan style motor yang ada di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Motor modifikasi cafe racer, biasanya memiliki ciri khas yang terdapat pada setang, jok, tangka, dan knalpotnya.

Style motor cafe racer di Indonesia sendiri sudah mulai populer, banyak para biker-biker yang mulai memodifikasi motornya dengan style cafe racer. Ingin tahu lebih jauh mengenai cafe racer? Simak ulasan berikut ini.

Melansir dari YouTube chanel Arie Perkasa, pada Sabtu (18/12/2021), sejara cafe racer sendiri berawal dari Londong, Inggris.

Baca Juga: Motor Keren Bergaya Cafe Racer Seharga Rp 26 Jutaan, Tampilannya Kece Nih

Sekitar tahun 1950-an banyak para pemuda yang memiliki hobi balap liar seperti yang ada di Indonesia, namun meraka memiliki kesan yang lebih keren.

“Jadi, jika diartikan secara literally, cafe racer itu merupakan motor-motor yang ditrondroli atau dimodifikasi sama anak-anak muda, untuk trek-trekan,” katanya.

Biasanya trek-trekkan atau balapan mereka, dari café satu menuju café yang lain. Ada juga yang bilang, mereka balapan dengan adu cepat dengan jukebox. Jadi mereka balapan dengan rute yang sudah ditentukan, kemudian kembali lagi ke cafe yang telah ditentukan sebelum lagu di juke box habis.

Terlepas dari banyak versi pengertian dari café racer ini. Secara motornya sendiri, karena awalnya berasal dari Inggris, maka motor yang digunakan adalah motor Inggris. Seperti sepeda motor royal enfield dan triumph.

Biasanya style motor cafe racer ini memiliki beberpa ciri khas, meliputi, setang jepit yang bertujuan agar posisi badang lebih menduduk, jok dibuat rendah dengan buntut yang melengkung ke belakang ke belakang dan ke atas, tangka motor dibuat ramping dan memanjang, knalpot panjang -swept back pipes.

Baca Juga: Best 5 Oto: Cafe Racer Koleksi Wali Kota Solo, Suzuki APV Tak Ikut Diskon

Tujuan dari penggunanaan knalpot tersebut adalah untuk mendongkrak performa pada peredam gas buangnya. Biasanya pula pada sektor pengabutan bahan bakarnya diganti dengan karburator berukuran besar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait