alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tempat Wisata di Garut Lengkap: Mulai dari Kawah, Pantai Hingga Curug

Risna Halidi Kamis, 09 Desember 2021 | 11:44 WIB

Tempat Wisata di Garut Lengkap: Mulai dari Kawah, Pantai Hingga Curug
Situ Bagendit (Instagraminfo_banyuresmi)

Berikut daftar tempat wisata Garut yang bisa kamu kunjungi:

SuaraBali.id - Tempat wisata di Garut, Jawa Barat sangat beragam. Garut merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan kuliner dodolnya.

Sejumlah tempat wisata di Garut sangat menarik dan mempunyai keindahan alam yang memesona. Rasanya masih kurang dan bisa kehilangan momen indah jika kamu ke Garut hanya mencari dan menikmati camilan dodol.

Karena Garut memiliki beragam tempat wisata yang indah dan populer. Pemandangannya alamnya yang mempesona membuat wisata di Garut tidak kalah dengan daerah lainnya.

Nah, saat ke Jawa Barat, kamu bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata di Garut untuk melepas penat dan mencari suasana baru. Selain itu kamu juga bisa membawa oleh-oleh khas Garut yang lezat dan nikmat, khususnya dodol.

Baca Juga: 7 Komunitas di Bandung Paling Keren dan Kreatif, Berminat Gabung?

Wisatawan bermain di kawasan wisata Pantai Santolo, Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (20/9/2020). [ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah]
Wisatawan bermain di kawasan wisata Pantai Santolo, Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (20/9/2020). [ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah]

Berikut daftar tempat wisata di Garut yang bisa kamu kunjungi:

1. Wisata Pemandian Air Panas Darajat
Wisata Pemandian Air Panas Darajat merupakan salah satu dari sekian banyak wisata pemandian air panas yang ada di Garut. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan yang indah dan suasana sejuk.

Selain pemandian air panas, di wisata ini juga ada fasilitas flying fox dan sejumlah wahana lainnya. Kawasan ini terkenal atau sering digunakan untuk tempat Suting FTV. Lokasinya ada di Jalan Darajat KM. 14 Pasirwangi, Garut, Jawa Barat.

2. Kawah Papandayan
Kawah Papandayan merupakan tempat wisata yang sudah melegenda di Garut. Kawah yang terletak di Gunung Papandayan ini cukup memikat para wisatawan dan diincar oleh para wisatawan yang penasaran dengan pesonanya.

Di kawasan gunung itu kamu bisa berendam di air panas sembari menikmati keindahan Gunung Papandayan. Lokasinya ada di Sirnajaya, Cisurupan, Garut.

Baca Juga: Wisatawan Boleh Piknik ke Tempat Wisata di Jabar selama Libur Nataru, Ini Syaratnya

3. Wisata Kawah Putih Talaga Bodas
Di wisata Kawah Putih Talaga Bodas kamu bisa berendam air panas di sejumlah bak yang disediakan di sana. Air panas di kawah ini mengandung belerang tinggi, sehingga bisa mengatasi sejumlah penyakit seperti rematik dan memperlancar peredaran darah.

Selain air panas, di tempat ini kamu akan menikmati pesona alam pegunungan serta udara segar di perbukitan hijau. Sangat cocok untuk tujuan wisata keluarga. Lokasinya ada di Jalan Talaga Bodas No.5, Sukamenak, Wanareja, Garut.

4. Kolam Air Panas Cikarees
Letak Air Panas Cikarees terbilang tersembunyi, sehingga belum banyak wisatawan yang mengunjunginya. Kolam renang yang suasananya asri ini terletak di pegunungan. Cocok untuk menikmati keindahan alam sembari berendam.

Air panas di kolam itu murni dari sumber air panas Kawah Telaga Bodas. Manfaat berendam di kolam ini salah satunya menyehatkan tubuh. Ada spot foto yang bagus untuk selfi si sekitar kolam. Lokasinya ada di Sukasono, Sukawening, Garut.

5. Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk
Jika ingin mencoba wisata menantang di Garut, kamu bisa mengunjungi Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk. Jeram dan aliran air sungai di Cimanuk cukup deras. Saat rafting kamu bisa menikmati sejumlah pemandangan indah di sekitar sungai.

Dijamin, kejenuhanmu saat beraktivitas sehari-hari bisa hilang dengan mengunjungi tempat wisata ini. Wisata ini sangat cocok dicoba bagi para pecinta olahraga alam bebas. Lokasinya ada di Bayongbong, Garut.

6. Leuwi Tonjong
Leuwi Tonjong merupakan tempat wisata yang sangat populer. Tak heran jika saat momen liburan jumlah wisatawan meningkat. Di sana ada air terjun kecil yang dipadukan dengan tebing alam. Warnanya hijau cukup memukau.

Kamu tidak akan bosan menyusuri berbagai keindahan panorama yang menakjubkan di sana. Lokasinya asa di Jayamukti, Cihurup, Garut.

7. Pantai Santolo
Pantai Santolo memiliki pemandangan yang indah dan apik. Sebab pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang bersih. Sehingga membuat pantau ini menjadi populer dan banyak dikunjungi wisatawan.

Di sekitarnya ada pulau kecil Santolo. Kamu bisa ke sana dengan bantuan kapal sembari menyusuri sungai.

Di sekitar pantai terdapat sejumlah wisata kuliner seafood yang lezat dan nikmat. Ada pula tempat penginapan yang disediakan untuk para wisatawan. Lokasinya ada di Desa Pameungpuek, Cikelet, Garut.

8. Pantai Taman Manalusu
Pantai Taman Manalusu belum banyak pengunjungnya. Saat ke sana kamu hanya akan melihat perahu nelayan yang berjejer di pantai. Yang meramaikan pantai ini hanya para pemancing ikan dan warga sekitar.

Kalau lapar, kamu bisa jajan di warung yang menyediakan makanan berupa lemu. Lokasi pantai ini ada di Cigadog, Cikelet, Garut.

9. Wisata Curug Orok
Wisata Curug Orok mempunyai dua air terjun yakni curug besar yang melambangkan sosok ibu dan curug kecil yang melambangkan sosok bayu naas. Di tempat ini kamu bisa mandi air sepuasnya ditambah menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Pastinya kamu akan mempunyai kesan tersendiri setelah datang ke wisata ini. Wisata ini buka mulai pukul 09.00-16.30 WIB. Lokasinya ada di Cikandang, Cikajang, Garut.

10. Situ Bagendit
Situ Bagendit terkenal dengan legendanya yang terabadikan dalam kisah nusantara. Sehingga tempat wisata ini juga termasuk favorit di hati masyarakat. Di sana kamu bisa menyelami danau dengan berlayar menggunakan rakit bambu.

Selain itu juga bisa menggunakan fasilitas bebek air. Di sana juga ada arena anak-anak dan pasar tradisional di dekat danau. Lokasinya ada di Bagendit, Banyuresmi, Garut.

Kontributor : Muhammad Aris Munandar

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait