facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Makanan Khas Sumatera Utara Selain Bika Ambon, Enak Banget!

Risna Halidi Senin, 15 November 2021 | 10:53 WIB

10 Makanan Khas Sumatera Utara Selain Bika Ambon, Enak Banget!
Bika Ambon. (Instagram)

Salah satu keunikan dan keistimewaan provinsi ini adalah makanan khasnya.

SuaraBali.id - Makanan khas Sumatera Utara. Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi ini terletak di bagian ujung kiri atas Indonesia atau lebih tepatnya sebelah utara Pulau Sumatera. Ibu kota provinsi Sumatera Utara adalah Kota Medan.

Provinsi ini diketahui memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia setelah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Provinsi ini terdapat banyak sekali landmark seperti Danau Toba, Gereja Velangkanni, Istana Maimun Medan, Rumah Bolon, Gunung Sinabung, dan Candi Bahal.

Banyaknya landmark tersebut menjadikan Provinsi Sumatera Selatan kaya akan ciri khas dan keistimewaan. Salah satu keunikan dan keistimewaan provinsi ini adalah warisan leluhurnya mulai dari pakaian adat, tarian adat, ritual keagamaan, rumah adat, legenda dan makanan khas Sumatera Utara.

Ci Cong Fan, makanan khas Medan mirip kwetiauw. (Suara.com/Dinda Rachmawati)
Ci Cong Fan, makanan khas Sumatera Utara mirip kwetiauw. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Makanan khas Sumatera Utara yang sangat populer adalah Bika Ambon. Namun ternyata lebih banyak lagi makanan khas Sumatera Utara yang belum diketahui.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Sunda Terpopuler, Bisa Buat Bisnis Kuliner Menjanjikan

Oleh karena itu, untuk mengenal lebih lanjut, berikut makanan khas Sumatera Utara.

1. Saksang
Saksang adalah makanan khas Sumatera Utara dengan bahan dasar daging kerbau. Saksang dibuat dengan santan dan bumbu rempah seperti jahe, merica, ketumbar, cabe, bawang merah, sereh, salam, bawang putih, dan lain sebagainya. Saksang mirip seperti tongseng tetapi kuahnya lebih encer.

2. Arsik
Arsik adalah makanan khas Sumatera Utara yang berbahan dasar ikan mas. Ikan mas merupakan ikan yang sangat mudah ditemui di daerah ini. Ikan mas dihidangkan dengan bumbu pedas manis dari rempah-rempah yakni merica khas Batak.

3. Kidu-kidu
Kidu-kidu merupakan makanan unik dari etnis Karo. Makanan khas sumatera ini memang istimewa karena berbahan dasar ulat sagu. Ulat sagu yang sudah mati memiliki kandungan asam amino yang tinggi lebih daripada telur. Kemudian dicampur dengan rempah-rempah khas Sumatera Utara yang menghasilkan rasa gurih dan lezat.

4. Silio Guro
Silio Guro adalah makanan khas Nias yang mirip dengan pepes. Silio guro dibuat dengan daging giling yakni daging ikan atau ayam. Daging tersebut kemudian dicampur dengan rempah dan santan. Selanjutnya dibungkus dengan daun pisang dan dibakar.

Baca Juga: 10 Kuliner Bali Terkenal, Semua Bule Pasti Suka Banget

5. Trites
Trites merupakan makanan khas Sumatera Utara yang sangat unik dan langka. Makanan ini adalah rerumputan yang ada dalam badan kerbau, kambing, atau sapi tetapi bukan dari usus besar. Makanan ini dianggap sebagai makanan herbal untuk meredakan sakit perut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait