facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

9 Makanan Khas Papua, Bukan Hanya Papeda, Coba Juga yang Ini

Pebriansyah Ariefana Selasa, 09 November 2021 | 14:00 WIB

9 Makanan Khas Papua, Bukan Hanya Papeda, Coba Juga yang Ini
Papeda buatan istri Glenn Fredly. (Instagram/Glenn Fredly).

Makanan khas Papua yang paling terkenal adalah makanan yang terbuat dari sagu.

SuaraBali.id - Papua merupakan salah satu daerah dengan makanan khasnya yang unik. Makanan khas Papua yang paling terkenal adalah makanan yang terbuat dari sagu.

Papua adalah provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini.

Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Pulau Papua. Sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi, dengan bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat (Pabar).

Provinsi Papua memiliki luas 312.224,37 km persegi dan merupakan provinsi terbesar dan terluas pertama di Indonesia

Baca Juga: Soal Masalah Papua, Aktivis: Jenderal Andika Harus Konkret, Jangan Lip Service

Berikut makanan khas papua selain sagu yang cocok untuk dicicipi pendatang:

1. Papeda

Papeda merupakan makanan khas papua yang terbuat dari sagu kemudian dicampur dengan air panas dan diaduk perlahan-lahan. Papeda yang belum matang diaduk hingga warnanya tidak pekat dan tidak lengket. Papeda yang matang akan berwarna jernih dan cukup kental. Papeda biasa disajikan dengan kuah dan ikan kembung atau peda bakar sebagai lauknya.

Papeda memiliki banyak manfaat untuk tubuh yakni sebagai sumber energi, antioksidan, menurunkan risiko diabetes, mencegah serangan jantung, dan sebagainya. Tentu saja selain rasanya yang unik dan berbeda dari makanan pada umumnya, manfaatnya pun beragam dan sangat menyehatkan. Oleh karena itu, papeda menjadi makanan khas yang disukai pendatang.

2. Sinole

Baca Juga: Kasus Veronica Koman: Teror terhadap Aktivis HAM Papua Terus Berulang

Sinole adalah makanan khas papua yang juga berbahan dasar dari sagu. Makanan ini sangat digemari masyarakat Pulau Yapen. Cara pembuatannya yakni dengan mengoyak sagu yang dicampuri parutan kelama. Setelah itu, adonan tersebut dimasak dalam kuali. Sinole juga biasa disajikan dengan ikan dan sayur.

Sinole memiliki rasa yang nikmat. Selain itu, sinole juga memiliki manfaat yang menyehatkan. Manfaat sinole yakni memperlancar sistem peredaran darah, memperkuat gigi, kuku, rambut, mencegah penuaan diri, dan sebagainya.

3. Kue Lontar

Kue Lontar artinya adalah kue bundar. Kue ini berbentuk mirip dengan pie. Ukuran kue lontar biasanya kecil. Olahan kue lontar ini terbuat dari susu dan gula. Tampilannya yang manis, dan kecil membuatnya mudah dikenali karena mirip dengan pie susu asal Bali.

4. Ikan Bakar Manokwari

Makanan khas Papua selanjutnya adalah Ikan Bakar Manokwari. Ikan yang digunakan yakni ikan tongkol. Bumbu yang membuat masakan ini menjadi khas adalah kuah pedas manis asam khas Papua. Makanan ini pada umumnya dihidangkan bersama nasi putih hangat.

5. Sate Ulat Sagu

Makanan ini merupakan salah satu makanan unik yang sangat jarang dikonsumsi masyarakat luar Papua. Dibalik keunikan dan keasingan makanan ini, Sate Ulat Sagu memiliki banyak manfaat yakni meningkatkan energi. Sate ulat sagu pada umumnya terasa manis, asin, dan pedas dengan tekstur kenyal.

6. Ikan Bungkus

Makanan khas Papua berikutnya adalah ikan bungkus. Ikan ini disajikan dengan nasi putih hangat. Hal yang membuat masakan ini unik adalah bumbunya yang berasal dari rempah-rempah Papua. Rempah-rempah tersebut membuat wangi dan nikmat. Meskipun proses pembuatannya itu cukup lama, tetapi rasa yang diberikan sangat nikmat.

7. Sagu Lempeng

Sagu lempeng merupakan makanan khas Papua yang kerap terdengar. Makanan ini pada umumnya disajikan dengan minuman teh, susu, atau kopi. Sagu Lempeng seperti namanya, ia berbentuk seperti lempengan dan tebal. Tekstur makanan ini sangat keras, sehingga saat dinikmati dengan the, susu, atau kopi akan lebih lembut.

8. Kue Bagel

Kue ini merupakan kue khas Papua yang terbuat dari abon. Kue ini disajikan dalam bentuk gulungan mirip seperti kue gulung pada umumnya. Kue yang digoreng ini disajikan dengan rasa ayam, cokelat, stroberi, dan sebagainya.

9. Sarang Semut

Makanan dengan nama unik ini merupakan makanan yang banyak dicari oleh pengunjung karena berbagai manfaatnya untuk mengobati penyakit. Sesuai dengan namanya, bentuknya pun seperti sarang semut. Sarang semut biasa disajikan kering sebagai oleh-oleh pendatang.

Demikian 9 makanan khas Papua yang populer dan wajib dicoba oleh pendatang. Makanan Papua didominasi terbuat dari bahan sagu. Makan-makanan tersebut cukup unik, menyenangkan, dan menantang untuk dicoba.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait