facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Makanan Khas Jawa Timur Selain Rawon dan Rujak Cingur, Ada yang Jadi Favorit Kamu?

Pebriansyah Ariefana Senin, 08 November 2021 | 14:30 WIB

6 Makanan Khas Jawa Timur Selain Rawon dan Rujak Cingur, Ada yang Jadi Favorit Kamu?
Ilustrasi rujak cingur (iStockphoto)

Salah satu ciri khas makanan Jawa Timur adalah rasanya yang cenderung pedas dan gurih.

SuaraBali.id - Ada beragam makanan khas Jawa Timur yang tak kalah enaknya dengan makanan modern dari negara-negara barat lainnya yang banyak bermunculan saat ini. Kekayaan rempah Nusantara tetap menjadi pilihan tak tertandingi untuk masakan dengan cita rasa yang lezat.

Salah satu ciri khas makanan Jawa Timur adalah rasanya yang cenderung pedas dan gurih. Berikut ini adalah beberapa makanan khas dari Jawa Timur yang selalu jadi pilihan

Berikut makanan Khas Jawa Timur yang mungkin jadi makanan favorit kamu:

1. Rujak Soto

Baca Juga: Peringatan Dini Hujan Deras dan Angin Kencang Melanda Jawa Timur, Senin 8 November 2021

Ini dia Rujak Soto khas Banyuwangi yang citarasanya unik. (Screenshot YouTube/Ari Lasso TV)
Ini dia Rujak Soto khas Banyuwangi yang citarasanya unik. (Screenshot YouTube/Ari Lasso TV)

Makanan khas suatu daerah memang selalu memiliki keunikannya masing-masing yang pastinya membuat orang penasaran dan tertarik untuk mencobanya. Salah satu makanan unik ini berasal dari Banyuwangi, yaitu Rujak Soto.

Sesuai dengan namanya perpaduan antara dua jenis makanan ini rupanya menghasilkan cita rasa unik dan tentunya lezat. Rujak sayur dengan bumbu kacang yang diguyur menggunakan kuah soto lengkap dengan kerupuk udang membuat makanan ini cukup terjangkau dan banyak digemari oleh banyak orang.

2. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay di Kampoeng Legenda, Mal Ciputra Jakarta Barat (Suara.com/Firsta)
Bebek Sinjay di Kampoeng Legenda, Mal Ciputra Jakarta Barat (Suara.com/Firsta)

Kalau jalan-jalan ke Surabaya, atau Madura jangan pernah lewatkan untuk mencicipi makanan khas satu ini. Bebek Sinjay sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas yang menghidangkan bebek goreng dengan porsi yang cukup besar ditambah tekstur bagian luarnya yang gurih dan daging bebek yang lembut.

Untuk menikmati bebek Sinjay biasanya didampingi dengan sambal khas Jawa Timur yaitu, sambel Pencit atau mangga muda.

Baca Juga: Kecelakaan Pelajar di Ponorogo Naik Sebulan Ini, Efek Sekolah Mulai Masuk Lagi

3. Rawon

Sajian rawon daging sapi. (YouTube/Resep Bunda Tika)
Sajian rawon daging sapi. (YouTube/Resep Bunda Tika)

Makanan khas Jawa Timur selanjutnya adalah Rawon. Menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, Rawon dimasak dengan bumbu khas seperti kluwek yang menghasilkan warna hitam. Dalam satu porsi rawon, biasanya terdiri dari daging sapi yang telah dipotong-potong dadu kecil, toge, dan seledri ditambah dengan nasi.

Bagi pecinta pedas, kamu juga bisa menambahkan sambal dijamin sensasi pedas berpadu dengan bumbu rempah yang kuat membuat kamu ingin selalu tambah.

4. Rujak Cingur

Rujak Cingur merupakan makanan khas Surabaya yang terdiri dari moncong sapi, sayuran dengan bumbu kacang dan petis. Sayuran dalam rujak Cingur biasanya seperti timun, kerahi, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah dengan lontong, kenal, tempe, bendoyo, cingur serta sayuran seperti kecambah, kangkung, dan kacang panjang.

Rujak Cingur juga menggunakan bumbu olahan yang berbeda dengan rujak pada umumnya, yaitu petis udang disajikan dengan tambahan seperti kerupuk dengan alas pincuk (daun pisang) kemudian piring.

5. Tahu Tek

Selain tahu Gimbal, ada juga olahan dari tahu khas daerah Jawa Timur yaitu tahu Tek. Hidangan ini terdiri dari tahu yang telah digoreng matang, lontong, kentang, dan sedikit tauge, bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang yang diberi petis.

Secara sekilas tahu tek memang terlihat serupa dengan ketoprak ataupun tahu telor namun ketiganya cukup berbeda. Tahu Tek menggunakan bumbu kacang yang digiling halus dengan penambahan petis dan tidak menggunakan kecap.

6. Semanggi Surabaya

Makanan khas satu ini mungkin sudah jarang terdengar, karena memang tak banyak orang yang menghidangkan Semanggi Surabaya lagi dan susahnya mendapatkan bahan utama makanan ini yaitu, daun semanggi.

Semanggi Surabaya terdiri dari daun semanggi, tauge, dan bunga turi ditambah juga dengan bumbu kacang. Semanggi disajikan bersama potongan ketupat dan kerupuk karak.

Kontributor : Kiki Oktaliani

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait